Berita

Tim Riset MAN 2 Yogyakarta Raih Prestasi di Event Internasional

MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Prestasi sangat membanggakan diukir Tim Riset MAN 2 Yogyakarta yang diwakili Almira Gladyzada Seira sebagai Ketua dan beranggotakan Khaerani Eka Primawati, Varra Rosantya Putri Leandyc, Anindya Ayu Nabilah, Rr. Laksistya Rania N P M di event Internasional, World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang dilaksanakan 17-21 Agustus 2021. Agenda ini digelar atas kerjasama Universitas Negeri Yogyakarta dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) secara daring. Kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para remaja untuk memamerkan karya mereka serta meningkatkan kualitas dan jenis karya yang telah berkontribusi pada perkembangan dunia.

Koordinator Riset MAN 2 Yogyakarta, Nuning Setianingsih, S.Si, menyampaikan kabar yang sangat menggembirakan ini pada Sabtu (21/08/2021) saat diumumkan Tim Riset MAN 2 Yogyakarta sabet Medali Perunggu.

WYIIA dibagi dalam delapan kategori yaitu matematika, lingkungan, teknologi, energi dan rekayasa, ilmu kehidupan, ilmu sosial, fisika serta pendidikan. Kompetisi ini memperebutkan medali emas, perak dan perunggu serta penghargaan UNY Special Award, UNY Rector Award, IYSA Special Award, IYSA Lachievement Award dan IYSA Grand Award. WYIIA diikuti oleh 450 team dari 35 negara diantaranya dari Amerika Serikat, Saudi Arabia, Malaysia, Thailand, Turki, Azerbaijan, Korea dan Indonesia sebagai tuan rumah dengan peserta sejak jenjang sekolah menengah pertama hingga perguruan tinggi.

President of IYSA Deni Irawan, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karenanya diharapkan dengan momentum ini dapat meningkatkan semangat generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kontribusinya pada negara.

“Kami juga melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga nasional maupun internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bidang riset,” katanya.
(Sumber https://siedoo.com/berita-)

“Senang bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Banyak menambah pengalaman dan juga wawasan, menambah ilmu, lomba yang cukup menegangkan namun juga menyenangkan dalam waktu yang sama. Walaupun belum beruntung dan harus berlapang hati untuk menerima bronze medal, saya berharap pengalaman kali ini bisa menjadi pembelajaran untuk mengikuti lomba-lomba selanjutnya, dan menjadikan diri saya lebih berkembang serta percaya diri kedepannya,” terang tim riset dengan nada suka cita yang disertai rasa syukur. Hal serupa disampaikan para pembimbing, Sayidatul Maslahah, M.Pd dan Indra Dwi Suryanto, S.Pd.

Harapanan sekaligus apresiasi tinggi diberikan Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa. Prestasi yang ditoreh di tingkat internasional terus menjadi momentum dan cambuk mengasah talenta dan terus ukir prestasi-prestasi berikutnya di masa mendatang, dengan prestasi yang diraih memberi peluang sangat luas memperoleh kursi di Perguruan Tinggi impian. Tim Riset MAN 2 Yogyakarta dapat terus menginspirasi khususnya keluarga besar MAN 2 Yogyakarta, pelajar madrasah ataupun sekolah pada umumnya, membawa nama baik MAN 2 Yogyakarta, keluarga besar Kemenag RI. Terus genggam dan tancapkan, “Ukir Prasasti dengan Prestasi.” (pus)

Back to top button