Berita

Bikin Alat Kompres Elektrik Pereda Demam Covid-19, KIR Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak WYIIA Internasional

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)— Kelompok Ilmiah Remaja(KIR) Siswa MAN 1 Yogyakarta meraih medali perak tingkat Internasional, dalam World Youth Invention and Innovation Award( WYIIA) yang digelar atas kerjasama IYSA dengan Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), Kompetisi terbuka untuk berbagai jenjang, yaitu SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Sabtu (21/08/2021)

Tim KIR yang beranggotakan lima siswa tersebut; Basma Ahimsa Farrayella (XII IPS 2), Ammarsatya Esza(XII IPS 2), Hanif Maulana(XII IPS 1), Lindayanti( XII MIPA 4), dan Muhammad Rafif Setyo Nugroho(XII MIPA 4). Mereka telah melakukan inovasi yaitu membuat alat kompres elektrik yang dapat meredakan demam pada suhu tubuh manusia, yang dalam judul presentasi mereka ‘Comfi Magic Alectric Compress as a solution to reduce fever during the covid-19 pandemic’.

Saat dihubungi, Basma menuturkan, ia bersama timnya, telah melalui semua tahapan kompetisi internasional ini. Mulai dari daftar kompetisi dengan melampirkan makalah yang ingin dilombakan. Lalu, mengikuti direview makalah.

“Kami menyiapkan bahan untuk presentasi menggunakan bahasa Inggris. Setelah terbit pengumuman presentasi, kami melakukan presentasi dan dua hari kemudian menunggu pemenang sekaligus penutupan WYIIA,”ujarnya seperti yang disiarkan pada chanel youtube https://www.youtube.com/watch?v=ywxTW98o1p0.

“Saat presentasi, yang dimana kami menjawab pertanyaan pertanyaan yang tidak kami duga, karena menyangkut detail detail kecil. Jadi, perlu dipersiapkan juga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin keluar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga,”ujarnya.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada para siswa tersebut. Pasalnya, di tengah pademi covid-19 yang berdampak terhadap semua lini kehidupan, mereka telah berusaha untuk membantu dan memberi solusi.

“Alhamdulillah semoga kreasi mereka dapat dikembangkan dan memberi manfaat bagi orang banyak, terutama pada pandemic covid-19 seperti ini, “ harapnya, Ahad(22/08/2021).

Back to top button