Berita

Masa Pandemi KUA Kota Yogyakarta Bisa Laksanakan Binwin Secara Daring

SISAPA, Siaran Sapa Pagi

Yogyakarta (Kankemenag) – Selama masa pandemi Covid-19 meski pekerjaan dinas dilaksanakan dari rumah (WFH), namun layanan pencatatan nikah harus tetap berlangsung. Sejalan dengan itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) agar terus berupaya program Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin (Binwin Catin) yang merupakan bagian dari rangkaian layanan pencatatan nikah tetap dapat dilaksanakan.

“Bimwin ini program penting untuk memperkuat ketahanan keluarga. Oleh karenanya di masa pandemi ini, Kepala KUA bisa melaksanakan program binwin secara daring. Binwin perlu diikuti oleh calon pengantin karena program tersebut memberi bimbingan dan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan hidup dalam berumahtangga.” Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA pada kesempatan Siaran Sapa Pagi (SISAPA), Kamis (19/8) melalui zoom meeting yang diikuti seluruh ASN.

Sehona, S.Ag Ketua Kelompok Kerja Kepala KUA selaku narasumber SISAPA mengingatkan, bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan tingkat penyebarannya masih cukup tinggi. Oleh karena itu protokol kesehatan 5 M dan 1+D tetap harus dijalankan secara ketat. Sehona juga menyampaikan pesan Imam Ali bin Abi Talib, “Dunia akan indah jika dihiasi dengan lima hal; Pemimpin yang adil, Orang berilmu yang mengamalkan ilmunya, Pelaku usaha yang amanah, Do’a orang miskin, Orang kaya yang dermawan. Semoga dengan keindahan dunia ini, situasi sulit masa pandemi akan dapat teratasi,” ujarnya.

Sedang Kasub. Bagian TU Dra. Hj. Noor Imanah, MA menyampaikan informasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diperpanjang hingga tanggal 23 Agustus 2021. “Setiap ASN Kemenag Kota Yogyakarta, kami minta terus melakukan sosialisasi SE Menag Nomor 23 Tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM, dan penerapan prokes 5M, melakukan pemantauan dalam pelaksanaannya di tengah masyarakat, serta setiap hari untuk menyampaikan laporan dengan menggunakan aplikasi Enkito,” ungkapnya. (Jojo)

Back to top button