Berita

Di Masa Pandemi Covid-19, Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Tetap Beri Layanan Prima

Di Tengah Pandemi Covid-19, Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Tetap Beri Layanan Prima*

Yogyakarta (MAN 1YK) — Keberadaan perpustakaan di lembaga pendidikan mempunyai peran yang vital dan penting. Fungsi dan manfaatnya sebagai sumber belajar dalam menopang pendidikan, menempatkan perpustakaan sebagai Jantung Pendidikan.

Di tengah pandemi covid-19 yang melanda negeri ini, perpustakaan MAN 1 Yogyakarta tetap memberi pelayanan prima. Layanan utama pada tahun pelajaran 2021/2022 ini adalah peminjaman buku pelajaran kepada siswa, disamping layanan-layanan yang lain seperti peminjaman buku non pelajaran, dan buku referensi.

Pemberlakuan PKKM telah membatasi aktivitas lembaga pendidikan, di sisi lain civitas akademika membutuhkan layanan, terutama para siswa.

Perpustakaan MAN 1 YK memiliki inovasi layanan peminjaman buku secara online.

Layanan peminjaman buku secara online ini dimaksudkan untuk memudahkan perpustakaan dalam mendistribusikan buku pelajaran untuk para siswa dalam masa pandemi, mengingat masih banyaknya siswa yang tinggal di luar kota Yogyakarta, dan juga siswa dalam kota yang menghendaki peminjaman buku secara online.

Prosedur peminjaman buku online diawali dengan pengisian google form, kemudian petugas menyiapkan buku-buku berdasarkan urutan yang ada dalam google form. Data siswa yang bukunya telah siap dikirimkan atau diambil akan diumumkan melalui wali kelas masing-masing, untuk selanjutnya disampaikan kepada siswa.

Layanan peminjaman online meliputi 2 (dua) cara, yang pertama melalui jasa gosend untuk siswa yang berada di dalam kota, dan yang kedua pengiriman melalui jasa pengiriman barang secara Cash on Delivery(COD), dengan biaya pengiriman buku dibebankan kepada siswa.

Peminjaman online ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengakses fasilitas-fasilitas perpustakaan, terutama dalam hal peminjaman buku pelajaran tanpa harus hadir ke madrasah, sehingga dapat mendukung lancarnya proses belajar siswa.

Apresiasi terhadap pemustaka merupakan salah satu hal yang dapat memotivasi dalam menumbuhkan minat baca. Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta selalu memberikan penghargaan kepada pembaca teraktif dalam program yang bernama “King and Queen of Readers” yang diberikan setahun sekali kepada siswa-siswi yang terpilih. Selama masa pandemi ini program tersebut direncanakan tetap akan dilakukan guna lebih mendorong tumbuhnya kebiasaan siswa dalam membaca.

Pelaksanaan kegiatan di perpustakaan MAN 1 Yogyakarta tidak akan dapat berhasil tanpa hadirnya personil-personil yang senantiasa mendedikasikan diri untuk kemajuan perpustakaan. Jumlah personil perpustakaan seluruhnya ada 4 orang, yaitu Sulistyaningsih,S.Pd., Herastuti, A.Md, Siti MArwiyah, S.IP, dan Mohammad Arifin.

“Semoga koleksi perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana pendukung kesuksesan semua peserta didik tanpa harus repot mikir bagiaman mengembalikannya,”ujar Herastuti.

Herastuti menambahkan, akses peminjaman buku sangat mudah, sehingga bisa meminimalisir waktu untuk tatap muka. “layanan offline juga dipermudah, yakni siswa datang, tanda tangan tanda terima, cek jumlah pinjaman buku, terus pulang,” pungkasnya, Rabu (19/08/2021) pagi. (lis/dzl)

Back to top button