Berita

MAN 1 Yogyakarta Gelar Lomba Video Moderasi Beragama

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)–Hiruk pikuk kegiatan menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI adalah momen yang selalu berkesan. Kegiatan yang bisa menambah rasa cinta tanah air dan menggelorakan semangat juang di hati kita. MAN 1 Yogyakarta, seperti juga instansi yang lain tak kalah seru juga mengadakan beberapa kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun ke 76 RI. Ada yang berbeda dalam perlombaan yang dilaksanakan tahun ini dibanding tahun-tahun yang lalu. Rangkaian kegiatan 17 Agustus kedua di masa pandemi kali ini menghadirkan lomba Video Moderasi Beragama.

Lomba video moderasi beragama wajib diikuti seluruh siswa MAN 1 Yogyakarta bersama wali kelasnya. Lokasi pengambilan gambar di serahkan kepada peserta dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan. Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, keluar sebagai juara pertama lomba video moderasi beragama adalah video buatan siswa kelas XI IPS 2.

Video yang menggambarkan seorang remaja yang pada awalnya mempertanyakan kenapa ada beberapa perbedaan padahal Tuhan itu esa. Dia kemudian mencari jawab ke berbagai tempat ibadah, hingga akhirnya tiba pada pemahaman, bahwa moderasi beragama adalah lagam pemeluk agama untuk memandang, mengarifkan dan merealisasi aksioma agama memandang dengan tepat, tidak dilebih-lebihkan memastikan keteraturan dan harmoni antar pemeluk beragama.

Video berdurasi 3 menit itu memerlukan waktu dua hari untuk pengambilan gambar, dan tiga hari untuk editing. Dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu(18/08/2021), Nabila Alya Fatia, ketua kelas XI IPS 2 menuturkan bahwa mereka mengambil gambar untuk video tersebut di beberapa tempat, antara lain di klinik Psikologi jalan Kusumanegara, Klentaeng di jalan Brigjen Katamso serta masjid Besar Kauman Yogyakarta.

Karya masterpiece anak-anak untuk ikut memahamkan makna moderasi beragama kepada generasi muda ini merupakan hasil godokan sembilan orang tim kreatif kelas XI IPS 2 didampingi wali kelas mereka, Munir Nirmala. (end/dzl)

Back to top button