Berita

Wujudkan Keluarga Sakinah KUA Kotagede Bekali Remaja Usia Nikah

Yogyakarta (KUA Kotagede) – KUA Kemantren Kotagede bekerja sama dengan kelurahan Rejowinangun dan PLKB, Jumat (27/8) mengadakan kegiatan pembinaan remaja usia nikah, diprakarsai dari PLKB Agustina Anggorowati. Pembinaan yang berlangsung di aula Kalurahan Rejowinangun, dibuka oleh lurah Rejowinangun Dyah Murniwarni, diikuti 15 peserta anak remaja, dengan narasumber Kepala KUA Kotagede Setyo Purwadi, serta dari PKK Kota Yogyakarta.

Setyo Purwadi dalam pembinaan menyampaikan materi BERKAH (Belajar Rahasia Nikah), memberikan penguatan kepada remaja untuk mempersiapkan diri ketika nanti akan menikah harus siap mental dan siap fisik untuk memahami jangan sampai terjadi pernikahan usia dini yang bisa berakibat pada permasalahan stunting pada anak yang dilahirkan nanti, diberikan penjelasan tentang pilar pilar perkawinan dan juga disampaikan UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan usia nikah. Sedang materi kedua disampaikan oleh Wuri dari PKK kota Yogyakarta tentang persiapan usia perkawinan.

Lebih lanjut Setyo Purwadi mengenukakan, “Kegiatan Ini sebagai tindak lanjut dari Program Revitalisasi KUA, sebagai KUA PUSAKA SAKINAH (Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah) diantara salah satu kegiatannya adalah Berkah (Belajar Rahasia Nikah) maka kegiatan ini sangat mendukung sekali dengan program KUA, membekali remaja untuk memahami tentang persiapan diri sebelum memasuki pernikahan dan juga memahami tentang batas usia yang ideal untuk memasuki pernikahan dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah mawadah wa Rahmah,” ujarnya. (Ahs)

Back to top button