Berita

Usung Covid Robot (Cov-Bot), Tim Riset MAN 1 Yogyakarta Lolos ke Tahap Presentasi Proposal MYRES 2021

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta(MAN 1 YK)–Dua siswa MAN 1 Yogyakarta dinyatakan lolos ke tahap presentasi proposal Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2021, Sabtu (21/08/2021). Tim riset yang terdiri dari Ordelia Austrin Wahda dan Maryam Zalfaa Aurellia Alattas mengusung proposal penelitian yang berjudul “Covid Robot (Cov-Bot) Alat Sterilisasi Ruangan Rumah Sakit Otomatis Berbasis UAV dan Disinfektan Guna Mengurangi Resiko Pemaparan Virus Terhadap Tenaga Kerja”.

Dua siswa yang duduk di bangku kelas X MIPA 1 ini tertarik mengikuti kompetisi Myres 2021 setelah mengikuti pembekalan dan motivasi riset yang diselenggarakan oleh MAN 1 Yogyakarta. Berbekal pengalaman menulis semenjak masih di jenjang SMP/MTs dan pendampingan dari tim pelatih riset MAN 1 Yogyakarta, Ordelia dan Maryam memberanikan diri mengikuti seleksi proposal Myres 2021.

Ide menulis ini mereka dapatkan ketika melihat berita tentang kondisi pandemi covid-19 yang semakin meningkat ketika masa PPKM level 4. Mereka berinisiatif untuk membantu para tenaga medis supaya resiko pemaparan virus bisa berkurang. Meski hanya bisa berdiskusi secara daring dalam penyusunan proposal, akan tetapi Ordelia dan Maryam berjuang agar penulisan proposal optimal.

“Ingin menciptakan suatu alat baru yang bermanfaat pada masa pandemi dan ingin berprestasi untuk membanggakan nama baik MAN 1 Yogyakarta,” ungkap Ordelia.

Motivasi itulah yang membuat Ordelia dan Maryam berupaya maksimal agar proposal penelitian yang mereka susun bisa lolos ke tahap berikutnya.

Segenap dukungan dari seluruh civitas akademika MAN 1 Yogyakarta pun mengalir untuk mereka berdua agar sukses dalam proses penelitian yang akan dilakukan. Di kesempatan yang sama, kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd juga turut memberikan apresiasi kepada Ordelia dan Maryam atas lolosnya proposal penelitian ke tahap selanjutnya.

“Meskipun saat ini kita tengah berada pada masa pandemi dengan segala kendala yang ada, tetaplah struggle dan semangat dalam belajar, dan jangan menyerah untuk selalu berprestasi,” pesan Maryam teruntuk teman-temannya agar tetap berprestasi di tengah pandemi. (ish/dzl)

Back to top button