Berita

SISAPA Penyelenggara Katolik Memaknai Arti Kemerdekaan

Siaran Sapa Pagi

Yogyakarta (Kankemenag) – Siaran Sapa Pagi (SISAPA) forum silaturrahmi, penyampaian informasi kedinasan dan koordinasi pimpinan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Senin (23/8) menghadirkan narasumber Penyelenggara Katolik Alexander Budi Suwarno, S.Pd., MM. SISAPA yang dilaksanakan setiap Senin dan Kamis pagi ini diikuti oleh seluruh ASN Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, yang selama pandemi Covid-19 dilakukan secara virtual melalui zoom meeting.

Alexander dalam paparan materinya menyampaikan bagaimana memaknai kemerdekaan, juga peran serta ASN dalam mengisi kemerdekaan. Point renungan yang disampaikan bagaimana kita sebagai warga negara dalam memaknai arti kemerdekaan antara lain; setiap warga negara harus mempunyai komitmen (setia taat pada bangsa), menghadirkan damai sejahtera (berperilaku baik), menyuarakan kebenaran, serta menjadi orang yang seimbang tidak hanya mementingkan diri sendiri namun juga peduli terhadap sesama.

Lebih lanjut Alexander menyampaikan indikator merdeka bagi ASN, yakni : Bertanggungjawab atas kehidupan melaksanakan ketugasan selaku abdi negara dengan baik sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Mematikan keinginan daging (tidak memperturutkan hawa nafsu), menjaga kesucian diri, hidup dalam kasih menebar kebaikan, rela melayani Tuhan dan sesama punya empati dan kepedulian terhadap orang lain, serta selalu mengucap syukur atas nikmat yang diterima.

Adapun informasi kedinasan yang disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA bahwa setiap ASN diminta terus melakukan sosialisasi SE Menag Nomor 24 Tahun 2021, serta melaporkannya. “Setiap ASN agar menjadi tauladan di tengah masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan gerakan 5M, sehingga penyebaran Covid-19 dapat kita tekan,” ujarnya. (Jojo)

Back to top button