Berita

Rakordasi Penyelenggara Katolik Kemenag Kota Yogyakarta Siap Bersinergi Dengan Pranata Humas

Penyelenggara Katolik

Yogyakarta (Kankemenag) – Melalui media zoom meeting, Kamis (12/8) Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menyelenggarakan rapat koordinasi (rakordasi) dengan mengundang Pranata Humas yang baru H. Ponijo, S.Ag., M.Pd.I untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan langkah-langkah strategis kehumasan yang bisa disinergikan dengan penyelenggara Katolik. Rakordasi dihadiri oleh semua ASN Penyelenggara Katolik, Pengawas, Penyuluh dan JFU, dipimpin Alexander Budisuwarno selaku Penyelenggara Katolik.

“Dalam rakordasi ini sengaja saya undang pak Jojo (sapaan akrab pranata humas, yang baru bergabung menjadi keluarga Kemenag Kota Yogyakarta per 1 Agustus 2021), agar kita bisa saling mengenal lebih akrab sehingga hal-hal yang bisa kita kerjasamakan dengan humas, Penyelenggara Katolik siap bersinergi,” ujar Alexander.

“Saya sangat berterima kasih diundang dalam rakordasi ini, ke depan banyak hal yang bisa kita sinergikan antara tugas-tugas kehumasan dengan penyelenggara katolik, antara lain; penyusunan data keagamaan, pemberian rekomendasi pendirian tempat ibadah, kegiatan kerukunan umat beragama, serta publikasi kegiatan. Humas siap mempublikasikan seluruh kegiatan penyelenggara katolik, baik melalui website, instagram, tweeter, facebook, serta media sosial lainnya,” ujar Jojo menanggapi.

Dalam pertemuan ini dibahas tentang kegiatan-kegiatan penyelenggara katolik yang sedang berlangsung (progress report) dan kegiatan yang akan segera dilaksanakan (persiapan), dengan agenda pelaporan dan evaluasi Tim pelaksana Pesparani Virtual 2021 dalam bentuk Festival Video Klip dengan tema Santo Yusuf Pelindung Keluarga. Kegiatan Festival Video Klip diselenggarakan dan dipilih sebagai jawaban kegiatan pembinaan secara virtual karena pandemi covid yang masih melanda bangsa dan dunia. Kegiatan ini dilangsungkan dalam beberapa tahap pendaftaran-pengumuman peserta yang lolos seleksi-pembinaan peserta Festival dan Pembuatan Video Klip sebagai hasil karya setelah mendapatkan pembinaan oleh para narasumber. Dan pada bulan Agustus ini masih berlangsung proses pembinaan.

Agenda kedua rakordasi adalah kegiatan Pembinaan ASN Katolik dalam bentuk Misa Jumat pertama pada setiap bulannya. Disampaikan oleh Tim Pelaksana bahwa kegiatan jumat pertama ini adalah sebuah Pembinaan iman ASN Katolik sekota Yogyakarta dalam bentuk Misa Jumat pertama dan dikarenakan pandemic sementara ini dilaksankan secara Virtual atau on line bisa diikuti melalui link zoom dan live streaming you tube kemenag kota Yogyakarta.

Pada bagian akhir rakordasi berisi laporan dan informasi dari pengawas agama katolik tentang beberapa guru agama katolik yang sudah memasuki masa purna tugas dan akan memasuki masa purna, ini perlu disikapi dan antisipasi terkait dengan kekurangan guru agama di sekolah sekolah. Selanjutnya bagian pendidikan (JFU) melengkapi dengan mengusulkan agar proses pemberkasan TPG (Tunjangan Profesi Guru) bisa dilaksanakan secara on line. (Alex)

Back to top button