Berita

KUA Kotagede Gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Remaja

Yogyakarta (KUA Kotagede) – KUA Kotagede bekerjasama dengan DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Jumat (1/10) menggelar bimbingan perkawinan (bimwin) pranikah bagi remaja. Sebagai pembicara dalam kegiatan ini Penyuluh Agama Islam Fungsional Endro Dwi Widodo dan dr. Selma dari RS UGM Yogyakarta.

Kepala KUA Kotagede Setyo Purwadi saat memberikan sambutan di depan para peserta, menyampaikan tujuan diadakannya bimwin, untuk memberi pemahaman usia pranikah saat memasuki pernikahan  sehingga memiliki kesepakatan dengan pasangan dalam membina keluarga bahagia.

dr. Selma menekankan materi Reproduksi Remaja dan Stunting bagi remaja yang memasuki usia pranikah yang dilandasi fitrahnya manusia dalam berpasangan sangat diperlukan sekali.

Sesi kedua yang dibawakan  Endro Dwi Widodo dalam mempersiapkan remaja memasuki perkawinan. Persiapan berkeluarga haruslah diprogramkan diusia remaja.

“Dalam kehidupan masyarakat modern arus globalisasi yang sangat kencang ini dapat membantu perkembangan suatu bangsa kearah yang lebih baik, namun dapat juga sebaliknya arus yang sangat kencang itu dapat berdampak negatif bagi bangsa bila remajanya sama sekali tidak memiliki wawasan kesehatan reproduksi dan juga persiapan berkeluarga sejak usia remaja,” tegasnya.

Endro Dwi Widodo juga mengingatkan bahwa rendahnya edukasi, informasi dikalangan remaja maka bimbingan remaja akan terus di berikan untuk membekali remaja kedepannya.

“Bimbingan Remaja ini akan menjadi kunci generasi masa kini dan masa yang akan datang, dalam menghadapi tantangan Bangsa Indonesia menuju Indonesia Unggul dan Indonesia Maju” katanya. (End)

Back to top button