Berita

Edhi Gunawan Buka Workshop Media Pembelajaran Berbasis IT di MTsN 1 Yogyakarta

Selasa 25 Agustus 2020 kegiatan bertajuk “Workshop media pembelajaran Berbasis IT” yang diselenggarakan MTs N 1 Yogyakarta (Matsayo) dibuka secara resmi oleh Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. Kepala Kanwil Kementerian Agama DI Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru Matsayo ini sengaja dicanangkan untuk mematangkan pelaksanaan pembelajaran daring yang masih harus berlangsung. Meskipun pada realitanya muncul banyak keluhan terhadap kekurangefektifan penyelenggaraan KBM daring, seluruh civitas akademik dan masyarakat khususnya orang tua tidak memiliki pilihan lain. Hal ini tentu karena Pandemi Covid-19 yang masih bertahan mewabah dan mengakibatkan aktivitas belajar mengajar belum dapat digelar.

“Evaluasi pembelajaran daring memang dinilai tidak efektif. Pandemi Covid yang tadinya diprediksi sebulan ternyata berlangsung lebih. Keselamatan semua jiwa raga menjadi keutamaan dan bahan pertimbangan sehingga proses KBM belum dapat dicanangkan sebelum Pemda menyatakan kondisi telah aman untuk memulai pembelajaran normal,” tukas Edhi.

Matsayo menggagas pelaksanaan workshop media pembelajaran ini selama empat hari, yaitu dari tanggal 25 s.d. 28 Agustus 2020. Workshop diberikan kepada para guru untuk menjembatani kelancaran terselenggaranya KBM daring. Kegiatan pembukaan workshop ini pun turut dihadiri Dra. Uswatun Hasanah Kasi Dikmad Kankemenag Kota Yogyakarta dan Murtinah, S.Pd., M.A. Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Yogyakarta.

Edhi sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini dan mengharapkan Matsayo harus dapat menjadi yang terbaik. “Sebagai madrasah tsanawiyah negeri satu-satunya di Kota Yogyakarta, animo dan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka di Matsayo cukup besar. Hal ini menjadikan pihak madrasah harus mengukur kapasitas sebagai langkah strategis atas kebijakan yang berkaitan dengan program  pembelajaran agar kualitas terjaga,” pesan Edhi.

Workshop media digelar di dua latar tempat, yaitu aula Matsayo dan di kelas 7G. Pada hari pertama, peserta workshop pun terbagi untuk dua pelatihan yang pada hari kedua diharapkan akan dapat saling membagi ilmu dengan tutor sebaya. Workshop di Aula dipandu oleh Bapak Herman Mursito, M.Pd. yang menyampaikan pelatihan media dengan memanfaatkan aplikasi Windows Movie Maker dan Screen Video Recorder.  Workshop E learning disampaikan oleh Bapak David Adhi Saputra, S.Pd. di kelas 7G yang memaparkan teknis penggunaan situs Elearningmadrasah atau Elma.

Kegiatan pembukaan workshop ini didahului dengan launching karya literasi dari segenap guru Matsayo . Drs. Muhammad Iriyadi, Kepala MTs N 1 Yogyakarta, mengungkap bahwa prestasi menulis menjadi bagian dari produktivitas yang terlahir ketika wabah Pandemi melanda dan patut terus dikembangkan.

Pada akhirnya, Edhi menyampaikan harapannya agar kegiatan workshop ini dapat diikuti oleh seluruh peserta dengan baik dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada secara maksimal. Edhi juga mengungkap apresiasi yang tinggi terhadap karya-karya yang dihasilkan guru dan siswa Matsayo. Matsayo jaya! (Tim Publikasi Matsayo)

 

Kontributor : MTsN 1Yogya

Editor : Nurul.

 

Back to top button