Berita

Baru Pertama Kali Ikut Lomba Menulis; Maitsa, Siswi MAN 1 Yogya, Langsung Sabet Juara 2 Tingkat Nasional

Yogyakarta (MAN 1 YK) — “Kesy, Lo dipanggil Pak Pras di ruangnya, disuruh ngerjain ujian tadi,” Demikian cuplikan dialog dari tulisan berjudul ‘Ternyata Ia adalah Diriku Sendiri’. Karya tersebut mengantarkan Maitsa Nabilah Atsani, siswi kelas X jurusan Bahasa dan Budaya MAN 1 Yogyakarta, memperoleh juara 2 lomba karya tulis kreatif SMA/MA/SMK atau sederajat tingkat nasional yang diselenggarakan oleh STPI Bina Insan Mulia, Senin (6/9/2021).

Dihubungi via Whatsapp, Maitsa, begitu putri dari pasangan Edy Sudigdiyono dan Roro Nur Jamilah ini biasa disapa, menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama ia mengikuti lomba menulis. Meski sudah suka menulis sejak SD, ia hanya menyimpan tulisannya untuk diri sendiri, tanpa ada keinginan untuk mempublikasikan atau mengikuti lomba.
Sampai akhirnya, ia mendapat nasihat dari orangtuanya untuk berani mengikuti perlombaan. “Kebetulan kemarin dapat share-sharean di grup kelas, jadi langsung saya ikuti,” ungkap remaja kelahiran 15 tahun silam ini menyebutkan proses pendampingan wali kelas melalui WA Grup Kelas.

Ketika ditanya tentang kesan pesannya, Maitsa menyampaikan bahwa momentum ini meningkatkan rasa percaya dirinya. Kepada teman-teman, ia berpesan agar tidak takut mencoba. “Mungkin banyak dari teman-teman yang memiliki bakat tapi enggan untuk mencoba menunjukkan karena takut gagal atau sia-sia,” ungkap siswi yang bercita-cita menjadi penulis ini.
“Tapi coba aja, mumpung masih ada peluang. Karena sebenarnya, lomba nggak seburuk yang kita pikirin, he he,” pungkasnya. (whd/dzl)

Back to top button