Berita

X IPS 3 MAN 2 Yogyakarta Gelar Acara Bertemakan, “This Is My Step, Where My Step A Will Determine All My Dream

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Wali kelas bak orang tua untuk para siswa baik saat belajar di madrasah/sekolah bahkan setelah sampai di rumah. Wali kelas melayani peserta didik tidak hanya dini hari tapi juga siang dan malam, menjadi tumpuan memperoleh informasi, sebagai nara hubung dengan pihak madrasah/sekolah. Wali kelas juga menjadi garda terdepan membangun karakter peserta didik. Begitu juga dengan Wali kelas X IPS3 MAN 2 Yogyakarta, Riyantari, S.Pd melalui program-programnya. Salah satu program penanaman kejujuran mengerjakan Penilaian Haria Bersama Semester 1 Tahun pelajaran 2021/2022, Kelas X IPS 3 bersama wali kelasnya gelar pengajian dengan acara Gema Wahyu Ilahi, Kultum, dan sharing pada Senin (19/09/2021) secara daring.

Acara dipandu dengan berbahasa Inggris oleh Muhammad Tharik Yazid. Sebagai MC, Muhammad Tharik Yazid sangat fasih berbahasa Inggris membawakan acara demi acara yang bertemakan, “This Is My Step, Where My Step A Will Determine All My Dream.” Dilanjutkan Qiroah yang dibawakan oleh Adnan Syaif Wafa dengan sangat indah dan menyejukkan. Kultum disampaikan Naufal Ahnan Burhanuddin, sarat V makna dan sangat mendalam, yang mengajak audiensnya untuk berbakti kepada orang tua. Isi Kultum antara lain, :
“Assalaamu’alaikum Wr.Wb Tak ada kata yang paling indah dan penuh berkah, terucap dari lisan seorang hamba yang lemah, yang senantiasa mengharap anugrah dzat yang maha megah, kecuali ungkapan puji syukur atas segala rahmat dan nikmatnya. Alunan shalawat salam senantiasa kita persembahkan kepada sang revolusioner islam, habibana wanabiyyana Muhammad SAW, juga kepada keluarga, sahabat dan para pengikutnya sampai akhir jaman.”

“Bapa dan Ibu guru yang saya hormati. Hadirin dan teman– teman yang saya cintai. Dalam alQur’an terdapat tiga rangkaian perintah yang tidak terpisahkan yaitu Dirikanlah shalat dan keluarkan zakat Taatilah Alloh dan Rosulnya Bersyukurlah kepadaku dan kepada orang tua mu. 2 Dalam rangkaian perintah yang ketiga, Allah memerintahkan kita agar bersyukur kepada-NYA dan kepada kedua orang tua kita. Mengapa Allah perintahkan itu? Ini merupakan pelajaran bagi kita, agar menjadi anak yang berbakti kepada orang tua,” lanjut Naufal Ahnan Burhanuddin dalam kultumnya.

“Begitu besar jasa orang tua kepada kita. Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita, yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita, menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya, “ tegas Adnan Syaif Wafa .

Di akhir Kultumnya, Adnan Syaif Wafa menutupnya dengan doa, “Ya Allah ampuni mereka dari segala dosa dan kesalahannya, jadikan seluruh pengorbanannya, menjadi butiran ampunan dan ridhoMU. Beri kami kesempatan untuk berbakti kepadaMu, kepada orang tua dan Guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a Ibu dan Bapa.Bapa Ibu guru dan hadirin yang saya cintai Inilah yang saya bisa ungkapkan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian.Mohon maaf bila ada kesalahan. Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.”

Jurnalis tak kuasa menahan air mata selama acara digelar. Anak-anak Qurata a’yun, penerus dan masa depan agama, bangsa dan negara. Anak-anak yang kelak menjadi pemimpin amanah, melalui mereka perbaikan generasi dan peradaban manusia. Apresiasi tinggi diberikan wali kelas atas ide/gagasan, pengadaan acara yang semua dipersiapkan oleh para siswa. (pus)

Back to top button