Berita

Guru MAN 2 Yogyakarta Sering Menjadi Pembimbing Mahasiswa PLP

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Tugas seorang pengajar (Guru) bukan hanya mengajar menyampaikan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang studi atau mata pelajaran yang diampunya, tetapi juga harus mampu melaksanakan penilaian sebagai upaya untuk mengetahui kompetensi peserta didik yang diajarnya, apakah telah menguasai materi pembelajaran yang telah disampaikannya atau belum. Dikarenakan pentingnya tupoksi guru dalam hal penilaian hasil belajar bagi peserta didik, maka guru harus mampu melakukan evaluasi atau penilaian yang benar-benar bisa mencerminkan kompetensi peserta didik sesuai dengan perencanaan yang sudah dirumuskan dalam indikator ketercapaian dalam perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan penyampaian materi dalam kegiatan pembelajaran.

MAN 2 Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama RI, sering kedatangan para mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan negeri maupun swasta di wilayah DIY dalam rangka program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Mereka para mahasiswa tersebut berharap melalaui PLP dapat mempraktikan pengetahuan yang diperoleh diperkuliahan, dan dapat belajar dari lapangan.

H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. seorang guru PAI di MAN 2 Yogyakarta yang sering menjadi pembimbing mahasiswa PLP di MAN 2 Yogyakarta merasa terpanggil untuk bisa memberikan sharing pengalamannya sebagai guru kepada para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sekarang sedang melaksanakan tugas PLP di MAN 2 Yogyakarta selama dua bulan, agar bisa melaksanakan tugas selama PLP di MAN 2 Yogyakarta dengan baik diantaranya dengan memberikan pelatihan pembuatan soal.

Menurut Fauzi selama menjadi pembimbing PLP ini masih banyak dijumpai mahasiswa yang memang masih lemah dalam hal melaksanakan kegiatan evaluasi terutama dalam pembuatan soal, baik kaitannya dengan indikator ketercapaian kompetensi, kepiawaian mengkonstruk kalimat agar jelas, komunikatif, rapi, dan sesuai dengan kaidah-kaidah dalam penulisan soal. Oleh karenanya Fauzi mengadakan komunikasi dengan para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga agar pengalamannya yang pernah menjadi penulis soal Nasional mapel UN Ilmu Hadis di Puspendik Balitbang Kemendikbud sejak tahun 2008 – 2019 bisa diimbaskan kepada mereka melalui kegiatan pelatihan pembuatan soal ini.

Harapannya dengan memberikan sharing pengalaman ini menurut Fauzi yang juga alumni Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta wisuda S1 tahun 1995, mereka para mahasiswa PLP ini nantinya ketika membuat soal untuk kegiatan evaluasi setelah melaksanakan praktik pembelajaran lebih siap dan bisa mengembangkannya lebih kreatif dan inovatif lagi, lebih-lebih nanti ketika mereka benar-benar telah menjadi guru di lembaga pendidikan setelah menyelesaikan studinya di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Selesai pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, Annas Kurniawan mewakili teman-teman PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pak Fauzi yang telah meluangkan waktunya untuk bisa memberikan materi kepada kami terkait dengan penulisan soal yang baik, dan bagi kami ini adalah pengetahuan yang baru dengan harapan bisa dipraktekan dalam kegiatan evaluasi nanti, kata Annas. (rzf)

Back to top button