Berita

Teguhkan Literasi Bahasa Jawa 2 Siswa Raih Juara Lomba Alih Aksara Kota Yogyakarta

Yogyakarta (MIN 1 Yogyakarta) – Literasi merupakan pembiasaan yang sangat baik, bermanfaat dan dibutuhkan dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan dan budaya, termasuk budaya Jawa. MIN 1 Yogyakarta terus melaksanakan pembiasaan dan melatih siswa dalam Literasi Bahasa Jawa termasuk kemampuan Literasi Alih Aksara Jawa. Kegiatan terangkai dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Literasi Bahasa Jawa. Pada masa pandemid ini, Guru Bahasa Jawa MIN 1 Yogyakarta, Dianati Zuhidni, S.Pd melaksanakan pembimbingan dan penugasan terbatas.

Berkat pendampingan dari guru dan juga pembiasaan dan pembimbingan dari rumah, 2 siswa MIN 1 Yogyakarta tahun ini kembali meraih Juara pada Kegiatan Lomba Alih Aksara yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Event tahunan ini sennatiasa memberikan kesempatan prestasi bagi siswa khususnya pada Lomba Alih Aksara. Pelaksanaan lomba tahun ini berlokasi di SMA 5 Kota Yogyakarta, pada tanggal 7 September 2021. Medhina Nisaaul Faza, siswi kelas 6 meraih juara Harapan 1 dan Alhan Winata, siswa kelas 6 meraih Juara Harapan II.

Zumaroh Nazulaningsih, M.S.I menyambut gembira prestasi siswa siswinya dalam Lomba Alih Aksara Tingkat Kota Yogyakarta. Sebagai muatan lokal, Bahasa Jawa memang perlu diberikan alokasi pembiasaan yang cukup, agar siswa mampu mengerti, memahamai dan dapat menghargai budaya adiluhung termasuk aksara jawa. Semoga kecintaan anak terhadap aksara jawa ini mampu menubuhkan rasa “handarbeni” budaya Jawa sebagai budaya leluhur. (Naz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button