Berita

Siswa MAN 2 Yogyakarta Raih Penghargaan Gubernur DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Niha Khoirunisa, seorang Generasi Z yang terima penghargaan membanggakan di Bidang Seni dan Budaya oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Siswa MAN 2 Yogyakarta ini dikukuhkan memperoleh penghargaan bergengsi ini setelah lolos seleksi dari 65 peserta yang lain.

Perjalanan panjang yang harus ditempuh Niha Khoirunisa melalui beberapa tahap dengan kompetitor yang cukup berat. Tahap 1 seleksi administrasi, Tahap 2 seleksi wawancara terhadap 65 (enam puluh lima) peserta pada Selasa-Rabu, 15-16 Juni 2021 oleh Dewan Juri Apresiasi Prestasi Seni dan Budaya Anak Yogyakarta , bertempat di Ruang Bima, Dinas Kebudayaan DIY. Tahap 3 persetujuan Gubernur DIY untuk memberikan sepuluh penghargaan kepada anak/remaja berdasarkan rekomendasi Dinas Kebudayaan DIY. Awarding diberikan pada Kamis (16/09/2021) oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Dinas Kebudayaan DIY.

Niha Khoiruni menyampaikan keharuan yang dalam saat menerima pesan dari Gubernur DIY, “Jangan berhenti ya…belajar terus jangan putus, bapak tunggu prestasi-prestasi lagi di lain waktu.”

Pesan singkat namun bermakna sangat dalam bagi Niha Khorunisa untuk menjadi momentum dan titik balik baginya, mewujudkan cita-citanya yang merupakan kecintaannya kepada Budaya negeri tercinta, bangsa dan negara.

“Niha tertarik dibidang komunikasi dan seni Bu, Niha bercita-cita menjadi Dosen bahasa/komunikasi, public speaker, dan rencana kedepannya tetap akan terus belajar dan melestarikan Budaya Jawa,” tekad dan cita-cita mulia Niha yang disampaikan kepada Jurnalis.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa yang didampingi Walikelas X Bahasa Diah Wijiastuti menyampaikan apresiasi tinggi, berterima kasih dan terus berikan suportnya agar Niha menjadi sosok tauladan bagi Generasi Z yang lain untuk nguri-uri Budaya Jawa, berprestasi bawa nama baik tidak hanya madrasah namun juga daerahnya, bangsa dan negaranya, tidak tergerus oleh jaman globalisasi.

Niha yang menekuni bidang Seni dan Budaya sejak kecil sangat didukung oleh ke dua orang tuanya sehingga memiliki bakat unik, sangat piawai membacakan dongeng dengan banyak jenis suara, suara orang tua, remaja, orang dewasa, anak-anak, baik suara laki-laki maupun perempuan, juga jago menari, baca puisi, pantomim, bernyanyi, geguritan, pidato, sari tilawah.
Awarding Niha pada detik ke-19 dapat dinikmati di Youtube dengan link Dinas Kebudayaan DIY, yaitu Apresiasi Prestasi Seni Dan Budaya Anak DIY 2021 | Dinas Kebudayaan DIY – YouTube

Di tahun 2021 Niha Khoirunisa didaulat menjadi Juara 1 Maca Cerkak Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan berhak berkompetisi di Tingkat Provinsi. Kejuaraan sebelumnya, Sabet Bronze medal Brawijaya Choir Festival tingkat Nasional di Malang Jawa Timur dan Silver medal Satya Dharma Gita Choir Festival tingkat Nasional di Semarang Jawa Tengah. Masih banyak penghargaan lain jika disebut satu persatu di tingkat Nasional. (pus)

Back to top button