Berita

Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara 1 Baca Cerkak Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Nguru-uri Budaya dengan kearifan lokal terhadap Generasi Z, bukanlah pekerjaan yang ringan. Arus deras globalisasi terus menggerus jika dari diri suatu bangsa dan negara tidak nguri-uri, bahkan akan terkesiap manakala negara lain mengakui kalau budaya itu merupakan warisan leluhurnya. Adalah seorang Generasi Z, Niha Khoirunnisa, siswa MAN 2 Yogyakarta bertekad berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui ketekunannya nguri-uri Budaya Jawa. Ketekunannya menjadikannya dikukuhkan sebagai Juara 1 Lomba Maca Cerkak (Cerita Cekak), even yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, dan berhak berlaga selanjutnya di tingkat Provinsi DIY. Pengukuhan diberikan pada 8 September 2021 saat pengumuman hasil grand final dan secara marathon lomba berlangsung pada 6-9 September 2021 bertempat di SMA N 5 Yogyakarta.

Niha Khoirunisa Raih Juara 1 setelah lolos seleksi tahap sebelumnya. 90 nominasi telah diseleksi dari berbagai jenis lomba berlatar belakang Budaya Jawa, yaitu Maca cerkak, Stand up komedi, Alih manuskrip, macapat, Geguritan, Alih aksara Jawa, Sesorah, dan Pranata Adicara. Niha Khoirunisa piawai baca Cerkak dengan kemampuannya menirukan berbagai suara, mulai dari suara kakek, nenek, anak kecil laki-laki ataupun perempuan, suara wanita dewasa (ibu), suara pria dewasa (Bapak), dan lain-lain. Kemampuannya ini dilatih sejak kecil didampingi orang tuanya.

“Alhamdulillah Niha sangat bersyukur dan senang sekali bisa menjuarai kejuaraan maca cerkak. Terimakasih untuk doa dan dukungan dari teman-teman dan guru MAN 2 Yogyakarta. Niha harap kedepannya akan selalu terus menorehkan prestasi seperti motto MAN 2 Yogyakarta, “Ukir prasasti dengan prestasi,” seru Niha dengan ekspresi Bahagia, busana kebaya cantiknya melekat menambah kharisma.

“Pesan untuk teman-teman di MAN 2 Yogyakarta, isi waktu muda kita dengan hal-hal yang positif. Apapun yang kita mau, jangan lelah berproses, dan jangan berpuas diri,” pesan Niha lebih lanjut.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa, didampingi Kanit ILC (International Language Class) Diah Wijiastuti, S.Pd dan Kanit Broadcasting, Film dan Multimedia Jumiyasrini, S.Pd menyampaikan harapan senada. Apresiasi tinggi atas capaian prestasi Niha Khoiruni, terima kasih karena telah membawa nama baik MAN 2 Yogyakarta khususnya dan Kemenag pada umumnya. Dengan bakat unik dan langka yang dimiliki Niha bisa menjadi batu loncatan meraih kursi di perguruan tinggi impian, tidak hanya di dalam negeri tetapi perguruan tinggi luar negeri, bahkan memiliki karier dan profesional di bidang yang ditekuni.

“Niha tertarik dibidang komunikasi dan seni. Niha bercita-cita menjadi Dosen bahasa/komunikasi, public speaker, dan rencana kedepannya tetap akan terus belajar dan melestarikan Budaya Jawa,” ucap Niha penuh semangat menyampaikan harapan mulia dan impian masa depan.

Sinergitas siswa sebagai pelaku pembelajar, guru, orang tua, lingkungan, madrasah/sekolah penyelenggara pelayanan pendidikan, pemerintah daerah, pemerintah pusat akan membawa kesuksesan proses pembelajaran. (pus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button