Berita

Raih Juara 3 Lomba Maca Cerkak, Siswa MAN 1 Yogyakarta Maju Tingkat DIY

Yogyakarta (MAN 1 YK)–Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2021 babak final digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta tepatnya bertempat di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang dimulai pada 6-9 September 2021 dengan pembagian percabang lomba.

Sebelumnya tahap seleksi pertama telah selesai dilakukan dengan mengambil 90 nominee melalui video di beberapa jenis lomba, yaitu macapat, Geguritan, Alih aksara Jawa, Maca cerkak, Sesorah, Pranata adicara, Stand up komedi, dan Alih manuskrip.

Pada babak final kali ini adalah penentuan kejuaraan dari nominee sebelumny yaitu penentuan juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2 pada setiap cabang lomba. Semua peserta menggunakan busana adat Jawa Gagrag Ngayogyakarta dengan penuh semangat.

Juara 1 sampai juara 3 di setiap cabang lomba akan mewakili Kota Yogyakarta dalam Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat DIY tahun 2021. Bukan hanya itu, peserta yang lolos juga akan diberikan pelatihan untuk persiapan ke babak selanjutnya oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Perwakilan MAN 1 Yogyakarta atas nama Syarifuddin Tamim berhasil meraih juara 3 dalam cabang lomba Maca Cerkak dan berhak melanjutkan perjuangan ke tingkat DIY pada bulan November mendatang.

“Bungah sanget, tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan dan support serta doa dari seluruh civitas MAN 1 Yogyakarta, peran guru-guru saya, Bu Dina tentunya yang telah mensupport saya sedemikian rupa. Orang tua saya yang telah menanamkan nilai-nilai budaya Jawa sejak saya kecil, sehingga apa yang saya capai sekarang semoga dapat membanggakan beliau-beliau semua,” Ujar Tamim.

“Alhamdulillah, ini adalah bonus dari Allah SWT, tidak menyangka bisa ikut mewakili kota untuk maju ke tingkat DIY, semoga dimudahkan dan dilancarkan berkompetisi di babak selanjutnya, dan semoga barokah untuk semuanya aamiin,” ujar guru bahasa Jawa, Dina Wahyuningtyas menambahkan. (din/dzl)

Back to top button