Berita

SERUM MANDUA : Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan dan Karakter yang Islami

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Pembelajaran jarak jauh yang saat ini dijalani oleh mayoritas lembaga pendidikan memerlukan adanya motivasi untuk menjaga semangat belajar siswa. Untuk itu, MAN 2 Yogyakarta mengawali pembelajaran di hari senin dengan program SERUM MANDUA (Siaran Ruhani dan Motivasi MAN 2 Yogyakarta). Selain memberikan motivasi, SERUM MANDUA juga memiliki tujuan untuk menguatkan nilai-nilai keagamaan dan menanamkan karakter Islami kepada siswa siswi MAN 2 Yogyakarta. Pada hari Senin (30/8/2021), SERUM MANDUA mengangkat materi keagamaan yang bernarasumber dari Kanit Keagamaan H. Riza Fauzi, MSI. Materi keagamaan dipilih agar siswa siswi MAN 2 Yogyakarta semakin cinta dan patuh kepada ajaran Islam serta memiliki arah yang baik dalam kehidupan.

SERUM MANDUA diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala Madrasah, Drs. H Mardi Santosa. Beliau berpesan agar siswa siswi MAN 2 Yogyakarta memiliki keinginan yang kuat dalam mengimplementasikan ketertiban di Masrasah. Adapun implementasi ketertiban yang Kepala MAN 2 Yogyakarta sampaikan yaitu dengan nama Pancatertib. Pancatertib yang dimaksud ialah tertib dalam ibadah, kemudian tertib dalam kehadiran, lalu tertib dalam berpakaian dan berpenampilan, lalu tertib dalam melaksanakan dan mengumpulkan penugasan, dan yang terakhir tertib dalam hal administrasi. Diharapkan dengan pancatertib tersebut, siswa siswi MAN 2 Yogyakarta betul-betul menjadi siswa siswi yang berkarakter disiplin.

Pada acara Inti SERUM MANDUA, diisi dengan mauidhoh hasanah dari Kanit Keagamaan MAN 2 Yogyakarta yaitu H. Riza Faozi, MSI. Beliau memberikan pesan agar kita sebagai umat muslim senantiasa memperhatikan 3 hal dalam kehidupan kita. Adapun 3 hal tersebut yaitu akidah, ibadah, dan Akhlak. Dalam hidup kita, penting sekali dalam kaitannya menguatkan akidah kita kepada Allah Swt. Karena pada hakikatnya, alam seisinya ini ada pemiliknya. Untuk itu kita harus selalu memahami hal tersebut dan senantiasa berdoa agar selamat dunia akhirat. Kemudian, sebagai seorang hamba patutlah kita senantiasa beribadah kepada Allah Swt. Karena dengan ibadahlah, kita mengaktualisasikan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. Dan yang terakhir yaitu mengenai akhlak. Akhlak adalah benteng kita dalam menghindari pergaulan bebas. Dengan akhlak yang baik dan senantiasa menjalankan ajaran-ajaran agama Islam tentu akan menjadikan kita sebagai hamba yang bertaqwa dan menjauhkan kita dari ajaran-ajaran yang bertentangan dengan ajaran agama.

Acara SERUM MANDUA diakhiri dengan doa dan diikuti oleh mayoritas guru dan siswa siswi MAN 2 Yogyakarta. Diharapkan kedepan acara ini senantiasa menjadi memupuk semangat pembelajaran diawal pekan dan menjadi salah satu jalan dalam menyebarkan khasanah ilmu keagamaan. (HIT)

Back to top button