Berita

MAN 1 Yogyakarta :Simulasi AKN Melatih dan Mengembangkan Logika Berpikir

Yogyakarta(MAN 1 YK)– Asesmen Kompetensi Nasional(AKN) diiselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serentah seluruh Indonesia yang diikuti oleh 45 siswa dan 5 siswa cadangan diperuntukan untuk kelas 11 yang dipilih secara acak oleh sistem untuk masing-masing sekolah. Simulasi tahap 1, Rabu( 25/08/2021), dengan dibagi 3 sesi dimulai dari jam 07.30 sampai 12.00 WIB.
Wakamad MAN 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc. menjelaskan, Asesmen Nasional ini bertujuan untuk penilaian dan pemetaan kinerja dari sekolah, dan tidak mempengaruhi penilaian secara individu kepada siswa tegas. Namun demikian kata Taufik, penilaian yang rendah terhadap sekolah dapat menurunkan nilai akreditasi dan tingkat kepercayaan terhadap lembaga sehingga dapat berpengaruh pada seleksi masuk ke perguruan tinggi.
“Untuk itu siswa tetap dimohon untuk bersungguh-sungguh mengikuti proses Asesemen Kompetensi dari mulai validasi, simulasi, gladi bersih dan ujian AKN,” Tandas Taufik, Senin( 30/08/2021) pagi
Soal yang diberikan pada Assesmen Kompetensi Nasional kemarin dapat melatih dan mengembangkan logika berpikir. “Assesmen mengalami pemotongan waktu karena masalah server, tetapi Alhamdullilah saya tetap bisa mengerjakannya secara sempurna, walaupun ada beberapa soal yang saya sedikit kesulitan untuk menjawabnya,” kesan salah satu peserta simulasi AKN Alifiko, kelas XI MIPA1.
“Manfaat bagi saya dalam kegiatan Simulasi Assesmen, kegiatan tersebut dalam memberikan gambaran bagaimana soal dan isi dari Assesmen yang sesungguhnya untuk menuju perguruan tinggi,” imbuhnya.(am/dzl)

Back to top button