Berita

Seksi Dikmad Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Monev Pelaksanaan ANBK Madrasah

Yogyakarta (Kankemenag) – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Senin-Kamis (4-7/10) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Madrasah Tsanawiyah terbagi dalam dua gelombang. Peserta ANBK MTs diikuti oleh kelas 8 berjumlah 45 siswa dan 5 siswa cadangan yang sudah ditentukan oleh sistem pusmenjar. Setiap madrasah melakukan pembagian sesi berdasarkan komputer yang dimiliki. Bisa 1 sesi sekaligus dengan 3 ruang, atau 3 sesi karena hanya memiliki 1 ruang, per ruang ada 15 siswa.

Kepala Seksi Dikmad Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Elfa Tsuroyya, M.Pd.I., M.Pd., mengungkapkan hasil dari monev, “Pelaksanaan ANBK berjalan relatif lancar. Akan tetapi ada satu siswa yang tidak bisa mengikuti ANBK karena termasuk ABK, sementara dari pihak panitia tidak menyediakan soal dalam bentuk brile. Hal ini sudah disampaikan kepada panitia, semoga ke depan bisa diatasi dengan baik,” ujarnya.

Elfa Tsuroyya juga menyampaikan, madrasah yang mengikuti gelombang 1 MTs Gedongtengen, MTsN 1, Yogyakarta dan MTs Nurul Ummah. Sedangkan yang mengikuti gelombang 2 MTs Muallimin, MTs Muallimaat dan MTs Karangkajen. Pelaksanaan ANBK MA dijadwalkan pada tanggal 27-30 Oktober dengan jadwal Gelombang 1 tanggal 27-28 Oktober, gelombang 2 tanggal 29-30 Oktober.

Lanjut Elfa, untuk peserta dipilih random dari pusat yang diikuti kelas 11. Jumlah peserta 45 cadangan 5 total 50 dipilih melalui mekanisme random sampling oleh sistemnya pusmenjar dengan pengawasan silang. Gelombang 1 diikuti oleh MAN 1, MA Mu’allimin, MA Mu’allimaat dan MA Muhammadiyah 1, gelombang 2 diikuti oleh MAN 2, MA Nurul Ummah Kotagede. (Lisia)

Back to top button