Berita

Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Anti Narkoba

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Satgas Gerakan Ukhuwah Alnesa Anti Narkoba Sahabat Indonesia (GALAKSI) MAN 1 Yogyakarta telah melaksanakan sosialisasi anti narkoba, Sabtu (21/08/2021). Mengambil tema ‘If Narco is My Lover’, kegiatan ini merupakan program kerja satgas Galaksi sukses terlaksana walau dilakukan secara daring, diikuti penuh antusias oleh perwakilan siswa kelas 10 dan 11.

Kaylila Firly Kamalin selaku koordinator acara mengatakan, narkoba bisa diawali dari tidak tercapainya Kesehatan mental seseorang, sedangkan kondisi mental yang baik bisa tercapai jika seseorang mendapatkan cinta dengan takaran yang tepat dari berbagai sumber.

“Efek dari penggunaan narkoba ini hanya akan membuat mental orang semakin terpuruk dan semakin jauh dari kondisi sehat mental,” katanya.
Kegiatan sosialisasi anti narkoba rupanya rutin dilaksanakan setiap akhir tahun bersama dengan berbagai macam narasumber. Pada kesempatan kali ini, ada tiga narasumber. Sesi pertama diisi oleh Jatu Anggraeni, S.Psi, M.Psi, Psikolog, seorang dosen psikologi Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa sekaligus psikolog di Surya Anggraeni Psychology Center (SYAPC). Sesi kedua diisi oleh penyuluh dari Satgas Anti Narkoba DIY (STAND), Farhana Nur Tsamara dan Aldonna Veronica Kristory.

Berbagai materi terkait narkoba disampaikan secara terperinci, seperti pengenalan macam-macam narkoba, alasan pemakaian narkoba, faktor yang mempengaruhi seorang memakai narkoba, gejala psikis yang dialami pecandu, serta dampak dan pencegahan narkoba. Materi yang menarik membuat peserta antusias mengikuti kegiatan dan aktif mengutarakan pertanyaan di sesi tanya jawab.

“Dari kegiatan ini harapannya anak-anak mengenal tentang narkoba dan bahaya penggunaan di kalangan remaja. Serta sebagai generasi pelajar tetap jauhi narkoba dan cukup mengenal narkoba dan bahayanya,”ujar Farah Husna, M.Pd, pembina Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta. (ksa/dzl)

Back to top button