Berita

Peningkatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Upaya Pencegahan Stunting bagi Calon Pengantin di Kecamatan Pakualaman

Yogyakarta (KUA Pakualaman) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakualaman, Kamis (16/9) menyelenggarakan kegiatan Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan Upaya Pencegahan Stunting, sekaligus dilakukan pembacaan Ikrar Perkawinan oleh 10 pasang calon pengantin (catin) bertempat di aula kantor.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara KUA Kecamatan Pakualaman dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Kepala KUA Kemantren Pakualaman Agus Sutrisno, S.Sos.I menyampaikan bahwa Kesehatan Reproduksi merupakan awal dari pembangunan keluarga berkualitas, termasuk didalamnya pencegahan anak tumbuh kerdil atau stunting sehingga upaya pencegahan terbaik stunting adalah melalui pendewasaan usia perkawinan.

Pemateri kegiatan ini terdiri dari dua orang yaitu pertama Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Pakualaman Kusmanto, S.Ag., dengan menyampaikan materi “ Persiapan Kehidupan Keluarga”. Pada materi pertama ini disampaikan empat pilar perkawinan yaitu Zawaj, Mitsaqan ghalidhan, Muasyaroh bil ma’ruf dan Musyawarah.

Adapun materi yang kedua disampaikan dokter Fathur dari Kantor BKKBN Perwakilan DI Yogyakarta menyampaikan materi, “Pentingnya Kesehatan Reproduksi bagi calon pengantin “. Dalam kesempatan ini peserta dibimbing untuk menjaga kesehatan organ reproduksinya serta berperilaku hidup dan sehat. (Agus/Kus)

Back to top button