Berita

MTQ Pelajar Sekolah Umum Jenjang SD-SMP se-Kota Yogyakarta 2019 dilaksanakan di SMP IT Abu Bakar

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Sekolah Umum untuk  jenjang SD dan SMP se-Kota Yogyakarta Tahun 2019  dilaksanakan di kompek SMP IT Abu Bakar hari Sabtu (13/04/19) yang merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. MTQ Pelajar Sekolah Umum SD-SMP kali ini diikuti sebanyak 224 orang siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) dari 14 Kecamatan se Kota Yogyakarta, sedangkan jenjang SMP diikuti sebanyak 321 orang siswa yang mewakili dari 34 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Yogyakarta.

Ketua Penyelenggara Drs. H. Rochmat, M.Pd (Kabid. Pembinaan SD/SMP Diknas Kota Yogyakarta) melaporkan  bahwa nantinya peserta yang mendapatkan juara 1 untuk cabang MTQ, Pidato ,MHQ dan CCA akan maju di tingkat Provinsi DIY mewakili Kota Yogyakarta pada bulan Juni 2019, keseluruhan cabang lomba yang dilombakan meliputi MTQ, MHQ, MSQ, Tartil, Cerdas Cermat,  Al-Qur’an(CCA), Pidato dan Lukis Kaligrafi, untuk tingkat SD mengikuti sebanyak 8 cabang lomba sedangkan untuk tingkat SMP sebanyak 9 cabang lomba.

Acara pembukaan MTQ Pelajar Sekolah Umum jenjang SD dan SMP dengan 9 cabang lomba jenjang SD –SMP melibatkan  sebanyak 68 orang Dewan Hakim/Juri dan Panitera yang sebelum melaksanakan tugas terlebih dahulu diambil sumpah dan dilantik secara simbolis oleh Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA hadir membuka acara secara resmi dengan ditandai pemukulan rebana mewakili Walikota Yogyakarta sekaligus memberikan sambutan antara lain mengatakan ”membuktikan Al-Qur’an menjadi bagian terpenting dalam kehidupan ini, kalau kemudian anak kita dan anak-anak didik kita dibekali dengan Al-Qur’an Insya Allah dikemudian hari, yang sekarang ini mereka sudah hidup di era milenial maka  itu nanti akan menjadi benteng keianan mereka“ . Diakhir sambutan Nur Abadi menekankan untuk menitipkan kepada bapak ibu guru khususnya pendidikan Agama Islam  dan juga kepada bapak ibu kepala sekolah  agar di masing-masing sekolah pendidikan spitual yang berkaitan dengan pendalaman Al-Qur’an lebih ditingkatkan, Insya Allah dengan menguatkan pendidikan Al-Qur’an nantinya akan mendapatkan barokah dari ALLah SWT, demikian tuturnya.

Pembukaan MTQ Pelajar Sekolah Umum jenjang SD –SMP Kota Yogyakarta 2019 juga diwarnai dengan penampilan Tari Saman, tampilan Rebana, Hadrah dan ABY Voice dari SMP IT Abu Bakar, juga menghadirkan Anas Bijaksana ( juara 1 STQ Tingkat Provinsi DIY 2019 dari Kota Yogyakarta) mengumandangkan Ayat Suci Al-Qur’an diawal acara pembukaan.(hms.Nrl)

 

Back to top button