Berita

KUA dan BP4 Gondomanan Adakan Bimwin

 

Yogyakarta (Kantor KUA Gondomanan) – Kantor Urusan Agama dan BP4 Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta melalui Penyuluh Agama Islam, Senin (30/8) melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah Bagi Calon Pengantin, tanpa dipungut beaya, berlangsung di Aula KUA Gondomaman.

Kepala KUA Gondomanan R. Andhi Nugroho SHI., M.H mengemukakan, “Dengan pelaksanaan Bimwin ini diharapkan setiap calon pengantin memiliki pengetahuan dan persiapan berkeluarga sehingga bisa membangun keluarga sakinah, membangun fondasi keluarga yang kuat dan menciptakannya keluarga yang utuh, sehat, kuat dan kokoh, sejahtera, bahagia lahir dan batin, yang sering kita kenal dengan istilah sakinah mawadah warahmah,” ujarnya.

Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Gondomann Eko Agus Wibowo, S. Sos. I. dalam uraian bimbingannya menyampaikan, Bimwin ini dilaksanakan sebagai bagian dari salah satu fungsi Penyuluh Agama Islam. Bahwa Kegiatan ini diharapkan agar setiap calon pengantin (catin) memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih matang sehingga terciptanya keluarga yang bahagia lahir dan bathin.

“Setiap pernikahan dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin, wawasan keilmuan perkawinan dalam mengarungi bahtera rumah tangga haruslah di kuasai,” kata Ustadz Eko yang sering disapa.

“Banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang baik. Agar tidak terjadi perceraian muda, maka harus mempersiapkan mental dan fisiknya, serta memiliki bekal pengetahuan dalam mengarungi kehidupan perkawinan,” lanjutnya lagi.

Kepada peserta Bimwin agar berhati-hati terhadap pergaulan pada zaman sekarang, banyak celah-celah perbuatan tidak baik yang menyebabkan terjadinya pelanggaran syari’at Islam, pinta Eko.

“Apalagi di zaman sekarang dengan maraknya perilaku yang menyimpang dari syari’at Islam, tantangan kedepan semakin besar sehingga sudah seharusnya dicermati di lingkungan kita agar tidak menimpa keluarga kita sendiri,” pungkasnya. (Eko)

 

Back to top button