Berita

Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta Tampil Sebagai Nara Sumber Webinar Nasional

Seksi Pendidikan Madrasah

Yogyakarata (Kankemenag) – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Elfa Tsuroyya, S.Ag., M.Pd.I., M.Pd., Kamis (2/9) tampil sebagai nara sumber Webinar untuk guru Sejarah Pendidikan Islam (SKI) seluruh Indonesia diikuti oleh 1000 partisipan lebih, dalam zoom dan ratusan peserta melalui YouTube channel GTK Kementerian Agama RI.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara webinar, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag RI Dr. H. Muhammad Zain, M.Ag., dalam sambutannya  memberikan apresiasi yang luar biasa kepada semua peserta kegiatan webnas SKI sekaligus banyak memberikan wawasan tentang Sejarah Kebudayaan Islam.

“Saya mengajak semua guru untuk banyak mengupade informasi sejarah dengan melengkapi bacaan yang berkualitas agar kita tidak buta sejarah, salah satu buku yang bisa dijadikan referensi yaitu karangan Ibnu Khaldun yang sangat berbobot, buku tersebut memaparkan pemisahan antara mitos dan fakta sejarah. Sehingga sangat layak dibaca untuk melengkapi keragaman dan keilmuan kita,” ungkapnya.

Sebagai salah satu narasumber Elfa Tsuroyya memberikan materi tentang Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam materi SKI. “Hendaknya guru SKI mampu menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai moderasi beragama dalam semua materi SKI, sebagai contoh bisa menginternalisasikan nilai tatawwur wa ibtikar¬†(dinamis dan inovatif) pada materi pembaharuan dalam Islam, sehingga peserta didik dapat mengambil ibrah dari munculnya pembaharuan dalam dunia islam untuk dijadikan bekal menghadapai kehidupan yang sangat dinamis ini,” paparnya.

“Begitu juga dengan nilai-nilai moderasi beragama yang lain seperti as-syura (musyawarah) bisa kita internalisasikan dalam materi pemilihan khulafaurrasyidin, tasamuh (toleransi) dapat diinternalisasikan dalam materi Walisongo dan lain sebagainya,” pungkas Elfa Tsuroyya. (ETs)

 

Back to top button