Berita

Harumi Harfi, Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Olimpiade Bidang Biologi Tingkat Nasional

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Salah satu siswi MAN 1 Yogyakarta kembali berhasil meraih prestasi. Kali ini, Harumi Harfi Hutami berhasil mendapatkan medali perak bidang biologi dalam Kompetisi Nasional Matematika IPA (KNMIPA) yang berlangsung Rabu-Senin (25-30/08/2021).

Harumi, siswi yang kini duduk dibangku kelas 12 MIPA 4 menceritakan, olimpiade ini diselenggarakan oleh Forum Olimpiade Pelajar Indonesia (FOPI) dan dilakukan secara online melalui website penyelenggara. “Diawal itu mendaftar lalu memenuhi syarat-syarat seperti share poster, pasang twibbon, dan lainlain, kemudian lomba dilaksanakan melalui website,” papar Harumi.

Bercerita mengenai persiapan, Harumi menceritakan bahwa tidak ada persiapan yang berarti. “Sebenernya kebetulan saya kurang belajar jadi bisa dibilang juga mengandalkan keberuntungan, tapi sebisa mungkin harus memahami semua materinya,” ungkap Harumi.

Kompetisi Nasional Matematika IPA (KNMIPA) tingkat SMA/MA terdiri dari beberapa bidang lomba, antara lain biologi, fisika, kimia dan matematika. Harumi sendiri berhasil meraih medali perak dibidang biologi, ia termotivasi mengikuti bidang biologi agar dapat menjadi pendukung mencari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kedepannya.

“Sebelumnya juga pernah mengikuti olimpiade dibidang biologi, terus milih biologi karna yang nggak ada itung-itungannya, dan yaa memang suka dengan pelajaran biologi,” ungkap siswi kelahiran Kulon Progo, 20 November 2003 itu.

“Yang berkesan itu saat mengerjakan soal dan tidak bisa menjawab, karena di situ jadi termotivasi untuk belajar lebih,” pungkas Harumi menyampaikan kesan mengikuti olimpiade.(ksa/dzl)

Back to top button