Berita

Guru MAN 2 Yogyakarta Berbagi Materi Pembelajaran di JB Radio

Yogyakarta (MAN2Yk)–Memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran adalah sebuah upaya mengoptimalkan penyampaian materi dalam mencapai tujuan belajar. Oleh karena itu, pengetahuan yang mencakup berbagai macam layanan fasilitas harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat memilih aplikasi yang tepat. Pemilihan media yang tepat diharapkan mampu menarik minat siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar.

Guru MAN 2 Yogyakarta Anas Prasetya,S.Pd pengampu  mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sastra memiliki kesempatan berbagi ilmu dan pengalamnnya di program Jogjabelajar Radio. Sebuah portal layanan strategis yang dikelola oleh Balai Tekkomdik DIY ini adalah layanan radio streaming yang dikemas secara edutaiment. JB Radio memberikan layanan informasi pendidikan dengan memadukan antara pendidikan dan hiburan yang mendidik.

Guru MAN 2 Yogyakarta Berbagi Materi Pembelajaran di JB Radio

Dalam kesempatan ini Anas menyampaikan materi Bahasa Indonesia dan lebih fokus pada cerpen. Setelah menjelaskan tentang jenis-jenis cerpen, Anas juga sedikit membahas tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen. Di akhir pertemuan Anas membacakan Cerpen dengan judul Rumah yang Terang karya Ahmad Tohari.

Sebelum memberikan materi Anas memberikan tips dalam pelaksanaan pembelajaran. Bahwa seorang guru harus mampu menjadi role model, agar siswa memiliki motivasi yang baik dalam belajar. “Guru yang mampu tampil sebagai sosok yang dicintai dan diidolakan oleh siswa akan mempermudah siswa untuk lebih menyukai mata pelajaran, ketimbang siswa yang sudah tidak tertarik dengan gurunya. Ketika saya menyampaikan materi drama, maka saya tidak hanya memberikan teori namun saya memberikan contoh dengan cara memutarkan video-video keterlibatan saya dalam sebuah drama ataupun karya lain,” ujar Anas.

Live Streaming pada Senin (20/07/2020) ini dipandu oleh Christina Ria sebagai host berlangsung di kantor JB Radio Jalan Kenari 2 Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit ini sangat menarik terbukti dengan antusiame para peserta yang terlibat dalam kegiatan interaktif dengan mengajukan banyak pertanyaan.(diw)

 

Kontributor : MAN2Yk

Editor : Nurul.

 

Back to top button