Berita

Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Distance Learning Video Competition Tingkat Nasional

Yogyakarta(MAN 1 YK)-Pandemi virus corona (covid-19) berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Menurunya efektifitas pembelajaran menjadi kendala dan tantangan tersendiri, yang pasti dirasakan secara langsung oleh semua civitas akademika, pada setiap jenjangnya. Lantas bagaimana memaknai arti belajar yang sesungguhnya dan semangat para pencari ilmu agar bisa bangkit dari masalah yang menghimpit ini.

Hal tersebut diungkapkan dalam Video berjudul ‘Murod dan Murid, ketika belajar tak melulu akademik’ karya tiga siswa MAN 1 Yogyakarta, yaitu Hanif Zaki Dhiaurrahman (Special Visual Effects), Nayla Ilma Kauna(caster), dan Romdlon Musyaffa Akbar (editor), seperti yang diunggah pada https://www.instagram.com/tv/CB69Rnfg-Dk/?igshid=1w10kpt3nnkf

Karya siswa madrasah ini mampu bersaing dengan banyak peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan umum se-Indonesia, serta  meraih juara 1 dalam Distance Learning Video Competition pada Pekan Sains, Teknologi, dan Aktualisasi Mahasiswa (Pesta) Daring Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2020,  Senin (20/7/2020) kemarin.   Sementara itu juara 2 diraih iniv komunitas umum dan  juara 3 dari universitas Telkom.

Saat dihubungi, Hanif Zaki Dhiaurrahman menuturkan, diantara faktor keberhasilannya dalam kompetisi ini adalah kerjasama dalam tim.  “Dari awal saya sudah berpesan ke tim saya, saya ngak bisa kerja sendirian. Jadi ya di tim itu kami benar benar bekerja sama dalam pembuatan video, serta  pembagain tugas benar benar merata,” ungkapnya.

Di masa pandemi virus corona seperti ini, setiap siswa harus mampu membagi waktu di antara tugas-tugas madrasah dan kegiatan lainnya. “Ketika saya senggang, saya gunakan waktunya untuk eksplorasi, membantu orang tua juga, sehingga tidak terbuang,”ujarnya.

Keberhasilan siswa yang akrab disapa Hanif ini, menambah daftar prestasi dalam lomba pembuatan video sebelumnya; antara lain Juara 1 tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas  Budi Luhur Tahun 2020, bersama Romdlon Musyaffa Akbar dan Wigar Aqil Samboga Anom.

Kemudian Juara 3 lomba “Challenge #MenyambutRamdhanAlaKamu”, yang diselenggarakan Forum antar Rohis (Farohis) se-Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020, dan Juara 1 lomba video yang diselenggarakan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, bersama Nayla Ilma Kauna. (dzl)

 

Kontributor : MAN1Yk

Editor : Nurul.

Back to top button