Berita

Kampanyekan Pola Hidup Sehat pada New Normal, Siswa MAN 1 Yogya Borong Juara Social Media Documentary Competition

Yogyakarta (MAN 1 YK)– Masa Pandemi Covid 19, yang berlangsung sejak bulan Maret 2020 tidak menyurutkan kreativitas siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta untuk berkarya dan  berprestasi. Terbukti mereka berhasil merebut piala kejuaraan Pembuatan Vlog Geocovid-19 Challenge yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Geografi Muhammadiyah (APGM).

Perlombaan dengan tema “Ceritakan kisah kalian Selama Pandemi dan New Normal” ini, diselenggarakan  mulai 12 Juni 2020 hingga 13 Juli 2020 via daring. Video karya Dua tim siswa MAN 1 Yogyakarta mampu bersaing dan meraih juara, yaitu Tim pertama (Nayla Ilma Kauna dan Hanif Zaki Dhiaurrahman) dengan video berjudul ‘Tua-Yogyakarta dan Pandemi Corona’ raih juara 3.

Sedangkan tim kedua (Romdlon Musyaffa Akbar), dengan video berjudul ‘Be a survivor’ raih juara 3. Kedua video tersebut juga sudah diunggah di situs youtube.com (https://www.youtube.com/watch?v=trdz0WbW0fE&feature=youtu.be) (https://www.youtube.com/watch?v=_4hefPXM9o4&feature=youtu.be)

Hanif Zaki, Salah satu tim siswa MAN 1 Yogyakarta menjelaskan, dengan mengikuti perlombaan ini, ia ingin menambah pengalaman dan meningkatkan skill editing video. “Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ini diperlukan kerja keras untuk mempersiapkan,” ujarnya.

lanjutnya, video yang ia dan tim bekerja sama. dimulai dari persiapan pembuatan skrip dan konsep hingga sampai proses shooting, serta editing selama seminggu. “Melalui chanel youtube, saya mengajak teman-teman untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, agar virus corona tidak semakin menyebar,” tuturnya.

Hanif mengajak, kaum milenial harus menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun demi keselamatan bersama.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd mengharapkan, prestasi yang telah dicapai oleh Hanif, Akbar dan Ilma dapat memberikan motivasi untuk siswa yang lain untuk berkarya dan berprestasi.

 Lanjut Wiranto, kaum milenial yang dekat dengan teknologi informasi dapat memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan tentang pencegahan virus corona. “Pesan-pesan edukasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, seperti menjaga kesehatan dan kebersihan di rumah, tetap berada di rumah, menjaga jarak aman, dan tidak melakukan mudik, sehingga pandemi virus corona cepat berakhir dan semuanya dapat beraktivitas dengan nyaman kembali,” pintanya (srn/dzl)

 

Kontributor : MAN1Yk

Editor : Nurul.

 

Back to top button