Berita

Dirjen Pendis Kemenag RI Tetapkan MAN 1 Yogya sebagai Madrasah Unggulan Bidang Akademik

Yogyakarta (MAN 1 Yk)—MAN 1 Yogyakarta mendapatkan anugerah dan kepercayaan. Madrasah ini ditetapkan menjadi salah satu dari 53 madrasah jenjang aliyah se-Indonesia sebagai madrasah unggulan bidang akademik tahun 2021. Hal ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 1834 tahun 2021  tentang penetapan Madrasah Unggulan Bidang Akademik Tahun 2021, yang diterbitkan baru-baru ini.                          Surat keputusan(SK) Dirjen Pendis Kemenag RI tersebut disampaikan oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY Hj.Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. kepada Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. yang didampingi Wakamad Bidang Humas Dr.Suyanto, M.Pd., Wakamad Bidang Kesiswaan Soeprastiyono, M.Pd.I., Wakamad Bidang Sarpras Hj. Masayu Nurul Ana, S.Antr., M.Pd., dan Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc.,                                                                                                                                            Penyerakan SK tersebut, disaksikan segenap civitas akademika yang hadir dalam acara Sharing motivasi dan musik positif dalam School Zone Pesantren Ramadhan MAN 1 Yogyakarta, Rabu (28/04/2021) sore, kerjasama Radio Manajemen Qolbu(MQ) 92.3 MQFM Jogja dan Universitas Amikom Yogyakarta, di Aula lantai 2.

“Mudah-mudahan dengan terbitnya surat keputusan ini menambah semangat bagi bapak ibu guru semuanya, untuk terus berprestasi. Unggul di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nasional,” ujar Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.

“Di samping itu, tetap kerja keras, inovasi dan pengembangan madrasah tetap kita laksanakan, baik tiap hari, bahkan tiap detik. Agar program-program madrasah ini terwujud,”pintanya

Sementara itu Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY Hj.Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. mengungkapkan,  pemberian SK ini melalui proses dan penilaian, serta syarat-syarat yang harus dipenuhi dan prestasi yang telah dicapai oleh madrasah.  Antara lain madrasah selalu menerapkan  teknologi, bergelut dengan riset, olimpiade, pengetahuan dan sains, serta keagamaan.

“Semoga dengan SK ini, semakin pelayanan kita di bidang pendidikan. Selamat, terus berprestasi menuju madrasah hebat bermartabat menuju kelas dunia,”pungkasnya.

Berdasarkan catatan prestasi, MAN 1 Yogyakarta sangatlah layak untuk mendapatkan SK tersebut. Banyak prestasi yang telah diraih, baik akademik maupun non akademik. Antara lain, masuk dalam Top Ten Madrasah se-Indonesia atau menjadi sepuluh besar madrasah, berada di peringkat ke-9 dari 10 madrasah berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer(UTBK) tahun 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam di tingkat internasional madrasah ini, juga beberapa kali meraih medali emas. Bahkan baru-baru ini, Tim Robotik Siswa MAN 1 Yogyakarta kembali raih 3 penghargaan internasional, yaitu 2 medali emas dan performance Awardees dalam World Robot Games Online Adition 2021, Rabu (21/04/2021), diselenggarakan Negara Filipina, yang diikuti 8 negara Asean.  (dzl)

Back to top button