Berita

Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Pada Madrasah Kota Yogyakarta

Yogyakarta (Kankemenag) – Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan di sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah yang melibatkan peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan.

Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa pelaksanaan ANBK di tingkat Madrasah Aliyah (MA)/SMA, Madrasah Tsanawiyah (MTs)/SMP dilakukan antara tgl 27 September – 7 Oktober 2021 melalui 2 gelombang.

Pada madrasah di lingkungan kantor Kemenag Kota Yogyakarta pelaksanaan Tingkat MA pada tanggal 27-30 September dengan jadwal  gelombang 1 dilaksanakan tanggal 27-28 September 2021 diikuti oleh MAN 1, MA Mu’allimin, MA Mu’allimaat dan MA Muhammadiyah 1. Gelombang 2 tanggal 29-30 September 2021 yg diikuti oleh MAN 2 dan MA Nurul ummah.

Pelaksanaan Tingkat MTs tanggal 4-7 oktober dengan jadwal  Gelombang 1 tanggal 4-5 oktober diikuti oleh MTs Gedongtengen, MTsN 1 Yk dan MTs Nurul Ummah. Untuk gelombang 2 tanggal 6-7 oktober diikuti oleh MTs Gedongtengen, MTsN 1 Yk dan MTs Nurul Ummah.

Sedangkan untuk MTs LB/A Yaketunis tdk mengikuti ANBK karena dari dinas pendidikan tidak bisa aksesibel untuk tunanetra, menurut Dania Mustikawati kepala MTs Yaketunis.

Kepala MAN 2 Yogyakarta mengatakan bahwa untuk peserta dipilih random dari pusat diambil kelas 11 dengan jumlah peserta 45 dan cadangan 5 total 50 dipilih melalui mekanisme random sampling oleh sistemnya pusmenjar.

Setiap madrasah melakukan pembagian sesi berdasarkan komputer yg dimiliki. Bisa 1 sesi dg 3 ruang sekaligus atau bisa 3 sesi 1 ruang yg tiap ruang berisi 15 siswa ujar Muttakin proktor MTsN 1 Yk. (Lis)

Back to top button