Berita

Adzkiyya Gendhis Zhafira, Siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta Lolos 10 Besar Kompetisi Euphoria 2021

MTs Negeri 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta) – Agustus ini MTs Negeri 1 Yogyakarta kembali mendapatkan kabar gembira. Salah satu siswanya berhasil meraih prestasi di Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) Direktorat Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan mengusung tema Pengurangan Sampah Plastik di Laut. Kegiatan yang diberi nama EUPHORIA 2021 (Ending Plastic Pollution Throuh Comis and Writing Contest For Better Indonesia) membawa siswa MTs Negeri 1 Yogyakarta lolos 10 Besar dalam Kompetisi Menulis Cepen tersebut.

Dengan mengusung judul, “Sampah Plastikmu, Membunuh Hewan Favoritku”, membawa Adzkiyya Gendhis Zhafira, siswa kelas 7G, MTs Negeri 1 Yogyakarta lolos ke babak selanjutnya dan mengikuti pelatihan Menulis Cerpen di Tingkat Nasional bersama dengan para finalis lainnya se-Indonesia. Pada acara EUPHORIA 2021 yang diumumkan melalui website Tim Koordinasi Sampah Laut (TKN PSL) di laman: sampahlaut.id, Kamis (19/08/2021).

Menulis cerpen merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk ananda Adzkiyya yang hobinya membaca, dan dirinya tidak menyangka akan lolos 10 besar Nasional karena melihat begitu banyak pesertanya dan kaget dirinya termasuk yang lolos nominasi 10 besar , tutur Adzkiya. Ini merupakan pengalaman pertama yang tidak terlupakan buat Adzkiya, dirinya merasa bersyukur dan senang sekali serta akan berusaha membawa nama baik MTs Negeri 1 Yogyakarta untuk Kompetisi Menulis Cerpen di tingkat Nasional.

Di bawah bimbingan Tim Literasi MTs Negeri 1 Yogyakarta Adzkiyya mempersiapkan cerpen bertemakan Pengurangan Sampah Laut tersebut kurang lebih satu bulan. Selain mengikuti Kompetisi Menulis Cerpen para peserta juga diberikan kesempatan mengikuti Webinar Nasional “Merdeka Tanpa Sampah Plastik” untuk meningkatkan kepedulian dan menginspirasi masyarakat terutama pelajar untuk berperan aktif dalam upaya penanganan sampah laut.

Kegiatan ini sangat didukung oleh Madrasah, yang disampaikan oleh Kepala MTs Negeri 1 Yogyakarta, Drs. Muhammad Iriyadi, bahwa madrasah bangga dan senang siswanya bisa meraih kesempatan menjadi finalis di tingkat Nasional dan berharap bisa membawa nama baik madrasah untuk kompetisi selanjutnya. “Madrasah mendukung sepenuhnya kegiatan positif siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta bisa menginspirasi siswa yang lainnya,” pesannya. (Tim Publikasi Matsayo)

#marilawancovid #tetapprokes5M1D #tetapsemangatsehat

Back to top button