Berita

Raih Juara Harapan 1 dan 2, 2 Siswi MTsN 1 Yogyakarta Maju ke Tingkat Nasional

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta)- Pada hari Sabtu (25 September 2021) hasil Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) tahun 2021 tingkat provinsi telah diumumkan secara serentak seluruh Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan Tentang Penetapan Juara Tingkat Provinsi Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) secara virtual ke-4 tahun 2021 Nomor : 30/KOMBANAS/F-MGMP-BA/IX/2021| tanggal 25 september 2021 bahwa dua peserta KOMBANAS dari MTsN 1 Yogyakarta ditetapkan sebagai juara harapan 1 dan 2 pada tingkat provinsi DI Yogyakarta. Hasil pengumuman ini memantapkan langkah dua peserta KOMBANAS MTsN 1 Yogyakarta untuk melanjutkan perjuangannya kembali pada kompetisi tersebut di tingkat nasional yang akan digelar pada tanggal 02 Oktober 2021 pukul 09.00.

Kompetisi ini menggunakan sistem soal yang terdiri atas 50 item berupa pilihan ganda dengan 5 opsi jawaban dan waktu pengerjaan paling lama 30 menit dan dilakukan secara online (dalam jaringan) via Edmodo dengan menyertakan video proses kompetisi berdurasi 45 menit (10 menit sebelum pelaksanaan, 30 menit saat pelaksanaan, dan 5 menit setelah pelaksanaan) dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Hashtag #KOMBANAS2021.

Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) dilaksanakan oleh Forum MGMP Bahasa Arab se Indonesia yang akan diikuti oleh pelajar Bahasa arab dengan beberapa kategori perlombaan, yaitu jenjang SMA/SMK negeri dan swasta, jenjang MA negeri dan swasta, jenjang SMP negeri dan swasta, jenjang MTs negeri dan swasta, jenjang SD negeri dan swasta, jenjang MI negeri dan swasta dan Guru Bahasa Arab (Pembimbing).

Pelaksanaan seleksi Kombanas baik tingkat provinsi sesuai juknis boleh dilaksanakan di rumah masing-masing atau tempat yang representatif. Untuk mempermudah koordinasi, komunikasi dan jaringan internet maka MTsN 1 Yogyakarta melaksanakan Kombanas tingkat provinsi DI Yogyakarta di perpustakaan madrasah karena kebetulan laboratorium komputer madrasah sedang dipakai oleh para peserta Kompetisi Sains Matematika Tingkat Provinsi. Walaupun ada beberapa kendala yang muncul akibat koneksi internet yang putus-putus, namun tidak menyurutkan semangat kedua peserta Kombanas.

Dua peserta KOMBANAS MTsN 1 Yogyakarta yang lolos di tingkat DI Yogyakarta ini ialah Sellyana Putri Violawati dan Fakhda Kuni ‘Alima Syakira. Masing-masing sebagai juara harapan 1 dan juara harapan 2 di tingkat kabupaten/ kota. Sesuai dengan juknis bahwa yang berhak ikut ditingkat provinsi adalah mereka yang juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 serta 2 pada masing-masing provinsi untuk tiap-tiap kategori pada tingkat provinsi. Kepala Madrasah, Muhammad Iriyadi sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh siswa dan guru pembimbing dalam mempersiapkan diri mereka berdua dalam kompetisi ini.

Dalam pelaksanaannya, Sellyana Putri Violawati dan Fakhda Kuni ‘Alima Syakira dengan 2 orang guru pembimbing Hilman Fitry, S.Pd dan Takmirul Masajid, M.Pd tetap menjaga protokol kesehatan karena situasi negara kita masih dalam pandemi covid-19. Alhamdulillah MTsN 1 Yogyakarta meraih juara harapan 1 dan 2 sehingga berhak untuk maju ke tingkat nasional. “Kami berharap semoga bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional nanti” ungkap Takmirul Masajid. (Tim Publikasi Matsayo)

Back to top button