Berita

Wujud Semangat Nasionalisme, Siswa-Siswi MAN 1 Yogyakarta Ikuti Upacara HUT RI secara Virtual

MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)–Peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2021 kali ini masih berlangsung dalam suasana pandemi. Namun demikian, tidak menurunkan semangat siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta dalam merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, Selasa(17/08/2021).

Mereka mengikuti kegiatan upacara detik-detik proklamasi dan upacara penurunan sang saka merah putih secara virtual. Dengan mengurangi mobilitas, masing-masing siswa mengikuti upacara secara virtual di rumah masing-masing, baik melalui televisi nasional maupun kanal youtube Sekretariat Presiden.

Semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan upacara ini tentunya mendapat apresiasi dari pihak madrasah. “Kami persilakan bapak-ibu guru untuk memberikan apresiasi kepada siswa yang telah mengikuti upacara, serta bapak ibu guru dapat menjadikannya sebagai nilai portofolio karakter wawasan kebangsaan,” ungkap Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.

Kegiatan mengikuti upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI memang dapat dijadikan sebagai bahan dalam membentuk karakter cinta tanah air serta memupuk wawasan kebangsaan kepada siswa. Jika sehari-hari siswa telah diberikan pelajaran mengenai sejarah dan kewarganegaraan, kali ini upacara menjadi salah satu wujud nyata dari rasa nasionalisme.

Diharapkan, melalui momen yang hanya diperingati satu tahun sekali ini, siswa akan kembali mengingat perjuangan para pahlawan dan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Karena, siswa-siswi inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa, maka perlu ditanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. (Ksa/dzl)

Back to top button