Berita

Tingkatkan Kompetensi Guru Penyelenggara Katolik Adakan Pembinaan Pembelajaran Online

Penyelenggara Katolik

Yogyakarta (Kankemenag) – Untuk meningkatkan kompentensi Guru Pendidikan Agama Katolik, Senin (16/082021) Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Pembinaan secara daring dengan zoom meeting. Pembinaan mengambil tema “Penggunakan media pembelajaran online berbasis video Powtoon”. Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar se-Kota Yogyakarta.

Penyelenggara Katolik Alexander Budisuwarno, S.Pd, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa di masa pandemi sekarang ini guru harus beradaptasi dengan zona pembelajaran online, sehingga diharapkan lebih mengasah kemampuan dibidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dengan menguasai TIK dalam pembelajaran online dapat membuat variasi dalam mengajar yang lebih menarik dan atraktif untuk siswa.

Kegiatan Pembinaan Kompentensi GPAK Tingkat Dasar menghadirkan narasumber Drs. Mulyanta, M.Kom dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora DIY. Beberapa point yang dijelaskan yaitu; 1) Ruang Belajar Zaman Now dan beberapa karakter model pembelajaran, aktualisasi guru dalam pemanfaatan teknologi dan media. 2) Mudahnya Pembelajaran jarak jauh dengan video powtoon.

Narasumber menjelaskan cara membuat atau langkah-langkah dalam membuka Aplikasi Powtoon sampai siap digunakan untuk pembelajaran dengan siswa.

Pada sesi tanya jawab, disarankan oleh narasumber bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik sebaiknya dicoba dan dipraktekkan. Kegiatan diahkiri doa bersama, dan para peserta diharapkan untuk mengisi evaluasi peserta pada link https://linktr.ee/garakotyk. (Anin)

Back to top button