Berita

Tim Riset MAN 2 Yogyakarta Juara 3 Bidang Inovasi Kota Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengundang segenap warga, pelajar, serta mahasiswa Kota Yogyakarta untuk menunjukkan karya cipta inovasi dan penelitan dalam ajang Anugerah Inovasi dan Penelitian 2021.

Tema penyelenggaraan Anugerah Inovasi dan Penelitan 2021 adalah “Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Tema ini diambil dengan semangat untuk mempercepat proses pemulihan kondisi sosial ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat di Kota Yogyakarta yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Pendaftaran dan pengumpulan makalah inovasi/penelitian dilaksanakanan mulai tanggal 26 April 2021 dan ditutup pada tanggal 15 Agustus 2021 melalui menu AIP 2021 di aplikasi Jogja Smart Service atau via situs web inovasi.jogjakota.go.id. Apresiasi yang dapat diraih oleh pemenang yaitu sertifikat serta uang pembinaan dengan nilai total sejumlah Rp. 76.250.000,00.

Tim Riset MAN 2 Yogyakarta yang terdiri dari, : Almira Gladyzada Seira, Anindya Ayu Nabila, Khaerani Eka Primawati, Rr. Laksistya Rania N P M, Varra Rosantya Putri Leandyc meraih Juara 3 kategori Bidang Inovasi setelah berkompetisi sebagai finalis dengan SMA N 1 Yogyakarta, SMA N 6 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, dan SMA Huhammadiyah 2 Yogyakarta. Capaian sebagai Juara 3 merupakan prestasi yang membanggakan mengingat kompetitor yang dihadapai cukup berat. Prestasi yang diraih semakin mengukuhkan MAN 2 Yogyakarta sebagai madrasah unggul di bidang riset.

“Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui desain alat FLOBOT, (2) Mengetahui cara kerja Alat FLOBOT, dan (3) Mengetahui kelayakan alat FLOBOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan pengembangan ADDIE model yang terdiri dari (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development (4) Implementation, dan (5) Evaluasi.” Hal ini disampaikan Koordinator Bidang Riset MAN 2 Yogyakarta, Nuning Setianingsih, S.Si, M.Pd saat menyampaikan hasil lomba kepada Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa mengungkapkan hal yang senada dengan Wakasis Dyah Estuti Tri Hartini, :” MAN 2 Yogyakarta menyediakan pelayanan pendidikan yang semua ada untuk ditawarkan. Dengan 42 varian ekstrakurikuler, sangat mendukung bakat dan minat siswa, sebagai tempat untuk mengasah kompetensi yang dimiliki, sehingga terus dapat ditingkatkan sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif. Dengan outcome yang kompetitif, siswa dapat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi impian dan mewujudkan cita-citanya. Saya berharap prestasi ini jadikan momentum, pertahankan dan bahkan tingkatkan.” (pus)

Back to top button