Berita

Herwidati Nurul Maliki, Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara Harapan 2 Jejak Tradisi Budaya BPNB

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Herwidati Nurul Maliki, siswa MAN 2 Yogyakarta ditetapkan sebagai Juara Harapan 2 oleh BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimulai Senin 27 September sampai dengan 29 September tahun 2021, BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Jejak Tradisi Budaya dengan tema Lestari Budayaku, Lestari Negeriku. Kegiatan diselenggarakan secara darling (daring dan luring), yang diikuti 80 peserta siswa SMA/MA/sederajad, perwakilan dinas dan perwakilan guru dari wilayah dari wilayah DIY, Jateng dan Jatim. Kegiatan luring dilaksanakan di hotel Porta dengan penerapan prokes ketat, peserta diwajibkan swab anti gen terlebih dahulu.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan budaya kepada para remaja, membekali para peserta dengan pengetahuan dasar tentang warisan budaya, sekaligus meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah populer mengenai budaya yang ada di desa atau kampungnya sebagai bagian dari peran aktif remaja turut serta memajukan budaya.

Herwidati Nurul Maliki pernah mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang digelar BPNB, dari keikutsertaan mengikuti even lomba ini, kemudian dipanggil untuk mengikuti Jejak Tradisi Budaya yang digelar.

“Jejak Tradisi Budaya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, dengan terus digelarnya secara rutin tiap tahun akan menarik para kawula muda untuk berkontribusi melestarikan budaya yang dimiliki. Saya sangat senang dan bersyukur dengan kesempatan yang saya peroleh karena selain mendapatkan teman baru, para juri lomba yang hebat-hebat, juga ilmu dan pengetahuan baru,” kata Herwidati saat dijumpai jurnalis.

“Sangat kaget dan tidak menyangka hasil karya tulis ilmiah yang dibuatnya terpilih dan dikukuhkan sebagai lima karya terbaik, mengingat karya-karya kompetitor lain yang berasal dari SMA Negeri dan Swasta yang unggul, dengan karya-karya yang sangat menarik.

Kepala MAN 2 Yogyakarta Drs. H. Mardi Santosa didampingi Guru Sejarah, menyampaikan terima kasih dari madrasah sekaligus memberi apresiasi tinggi. Capaian prestasi yang membanggakan dari karya ilmiah yang dibuat dan dikukuhkan sebagai 5 karya terbaik diantara kompetitor yang berasal dari SMA/sederajad dari wilayah DIY, Jateng, Jatim. Dengan capaian prestasi yang telah ditorehkan untuk terus digali bakat dan minatnya dan berprestasi sehingga menjadi momentum dan titik balik meraih impian dan cita-cita. (pus)

Back to top button