Berita

Siswa MAN 1 Yogyakarta Bersiap pada Final Kompetisi Bahasa Jawa Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Kompetisi Bahasa dan Sastra menjadi agenda rutin yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Gelaran kompetisi pada tahun 2021 ini diikuti oleh 382 peserta baik pada kategori umum maupun kategori pelajar.

Tahap penjurian pertama telah selesai dilakukan dengan seleksi video pada 12 – 19 Agustus 2021. Penjurian ini menghasilkan total 90 orang nominee di beberapa jenis lomba, yaitu macapat, Geguritan, Alih aksara Jawa, Maca cerkak, Sesorah, Pranata adicara, Stand up komedi, dan Alih manuskrip.

Dengan persaingan yang sangat ketat dari berbagai sekolah se-kota Yogayakarta, perwakilan MAN 1 Yogyakarta atas nama Syarifuddin Tamim berhasil masuk 5 Nominee pembaca cerkak (cerita cekak bahasa Jawa) terbaik di kompetisi ini.

Peserta yang lolos di tahap pertama ini berhak mengikuti penjurian tahap kedua berupa seleksi langsung, final pada tanggal 6-9 Sepetember 2021 mendatang. Pada babak final ini akan dipilih 5 (lima) peserta terbaik sebagai juara pertama hingga juara harapan kedua. Hadiah akan diberikan berupa uang pembinaan, tropi dan sertifikat. Peserta terbaik pertama, kedua dan ketiga juga akan dikirim ke lomba berjenjang di tingkat DIY mewakili kontingen Kota Yogyakarta.

“Sangat di luar ekspektasi, bagaimana saya menempuh ini semua terasa berjalan begitu saja, saya sangat menyukai budaya lokal terutama budaya Jawa ditambah saya merupakan siswa jurusan bahasa budaya. Dan ini sebagai wujud melestarikan budaya Jawa,” terang siswa yang sering disapa Tamim ini, Ahad (28/08/2021).

“Semoga ananda Syarifuddin Tamim bisa mendapatkan hasil maximal di babak selanjutnya di tanggal 9 September besok, tentunya dengan persiapan yang lebih maximal lagi aamiin”, ujar guru bahasa Jawa, Dina Wahyuningtyas menambahkan. (din/dzl)

Back to top button