Berita

Semarak FASI XI Tingkat Kota Yogyakarta 2019 di ikuti 1052 anak

Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan  Badan Koordinasi (Badko) TKA, TPA dan TQA Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan akbar berupa Festval Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI Tahun 2019 Tingkat Kota Yogyakarta. Kali ini FASI XI Tahun 2019 mengusung Tema “ Bina, Santri, Jujur, Arif, Ramah, Santun (Bisa Juara Satu)”

Rangkaian acara FASi XI diawali dengan penampilan hadroh dari anak-anak TPA Al-Wihdah  Kecamatan Mergangsan serta penampilan Tari Saman dari TPA Al-Irsyad Kecamatan Umbulharjo, kegiatan berlangsung di komplek SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada Ahad, (27/10/19) dengan jumlah peserta 1052 anak yang mengikuti 19 cabang lomba, yang terbagi menjadi tiga kategori yakni kategori TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan kategori TQA (Taklimul Qur’an Lil Aulad) serta TKA (Taman Kanak-kanak Al-Qur’an).

Adapun cabang lomba dari masing-masing kategori tersebut adalah : 1. Kategori TKA (Tartil Al-Qur’an, Adzan dan Iqomah, Nasyd Islami, Peragaan Sholat, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Mewarnai, Ceramah Agama Islam), 2. Kategori TPA (Tartil Al-Qur’an, Adzan & Iqomah, Nasyd Islami, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Menggambar, Ceramah Agama Islam), dan 3. Kategori TQA (Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Juz-Amma, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Kisah Islami, Kaligrafi, Ceramah Agama Islam) merupakan utusan para juara FASI XI yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan di empatbelas Kecamatan se-Kota Yogyakarta, yang dilangsungkan setiap hari Ahad di bulan Juli hingga September 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA selaku Ketua Panitia FASI XI 2019 Tingkat Kota Yogyakarta melantik Dewan hakim/Juri dan Panitera FASI XI 2019 Tingkat Kota Yogyakarta secara simbolis yang diwakili dari beberapa Dewan Hakim serta Panitera, kemudian secara resmi acara dibuka Walikota Yogyakarta dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta Okto Noor Arafat, S.IP yang ditandai dengan menabuh Rebana, didampingi Ketua Badko TKA, TPA Daerah Istimewa Yogyakarta Muhsonef, S.H.I, Ketua Badko Kota Yogyakarta Muhaimin,S.Si serta Ketua Panitia Laksono.

Dalam pembukaan FASI XI Tingkat Kota Yogya 2019 Okto Noor Arafat membacakan sambutan Walikota Yogyakarta antara lain menyampaikan “bahwa anak-anak merupakan asset yang sangat berharga karena dari 

mereka inilah akan tumbuh menjadi generasi muda, tunas-tunas bangsa yang akan menerima estafet kepemimpinan di negeri ini.  Perlu menjadi pemikiran kita bersama, bagaimana menghasilkan anak-anak bangsa yang mampu mengintegrasikan ilmu amaliyah dan amal ilmiyah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.” ujarnya.

Acara pembukaan dihadiri pula beberapa pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kementerian Agama Kota Yogyakarta serta tamu undangan lainnya, sebelum rangkaian berakhir juga dilakukan penyerahan tropy bergilir dari Ketua Badko Kota Yogyakarta kepada Ketua panitia FASI 

XI 2019 untuk diperebutkan kembali, rangkaian acara pembukaan FASI XI 2019 diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung Kasi PD Pontren Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Bambang Inanta.

Kegiatan FASI XI 2019 yang berlangsung sehari penuh dengan berbagai macam lomba dan tingkatan tersebut berjalan lancar, tertib serta meriah, dan keluar sebagai Juara Umum FASI XI Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2019 diraih Rayon Kecamatan Umbulharjo, yang juga keluar sebagai Juara Kategori TKA, Juara Kategori TPA dan Juara Kategori TQA.

Rangkaian acara di tutup secara resmi oleh Kasi PD Pontren Drs. H. Bambang Inanta mewakili Ka Kankemenag Kota Yogyakarta memberikan sambutan diantaranya mengatakan  ‘bahwa FASI yang dilaksanakan kali ini merupakan salah satu wahana menjalin ukhuwah islamiyah dan pengembangan kualitas pendidikan anak menuju lahirnya generasi bangsa yang handal, memiliki etika, motivasi, moral dan kepribadian yang baik serta berakhlak mulia, sehingga dapat menjadi pemenang dalam persaingan global secara bermartabat”. Demikian tuturnya.*(hms.Nrl)




 

Back to top button