Berita

Bimtek Inovasi Layanan PTSP Online bagi KUA dan Pengelolaan Arsip PTSP di Kemenag Kota Yogya

Era globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju, tentu berimbas pada meningkatnya kebutuhan manusia  akan informasi. Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia . Berbagai macam dokumen dan media telah tercipta tentu untuk kemudahan manusia dalam menyimpan, mencari dan menyebarkan informasi yang berbentuk dokumen-dokumen yang dikenal dengan arsip, dalam artiannya suatu rekaman kegiatan atau peristiwa yang telah terjadi.

Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui Subbag Tata Usaha menyelenggarakan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Layanan PTSP Online bagi KUA dan Pengelolaan Arsip PTSP dengan melibatkan perwakilan pengolah data dari empatbelas Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Yogyakarta.

Kegiatan berlangsung diruang rapat PTSP Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Selasa, (22/10/19), acara Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Subbag Tata Usaha H. Mukotip,S.Ag.,M.Pd.I mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan “PTSP merupakan terobosan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama  untuk memberikan kemudahaan dan kepastian pada  masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari satuan kerja di Kementerian Agama, maka untuk lebih mengoptimalkan pelayanan tersebut perlu adanya manajemen kearsipan yang tertata dengan baik yang didokumentasikan melalui inovasi berupa digital dengan aplikasi layanan online yang akan memudahkan untuk melihat dan mendapatkan bukti-bukti peristiwa yang sudah terjadi, baik berupa tulisan, gambar, video dan suara” demikian ujarnya  kegiatan berlangsung sehari penuh hingga Pkl. 16.00 WIB.

Peserta mendapatkan materi dari narasumber Samanto, S.Ag (Praktisi) tentang “Peningkatan Inovasi Layanan Melalui PTSP Online bagi KUA” dan narasumber Merpati Giras Suherjanji (Kanwil Kemenag DIY) tentang “Pengelolaan Arsip PTSP” dengan moderator Laily Mutiah, SH (arsiparis Kemenag Kota Yogyakarta).*(hms.Nrl)

Back to top button