Berita

Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Yogyakarta Ukur Arah Kiblat di Masjid Darus Sholawat Baitul A’la

Yogyakarta (Kankemenag) – Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag  Kota Yogyakarta dan PAIF Kotagede Endro Dwi Widodo, Kamis (6/1/2021) mencoba memberi solusi bagi umat terkait keakuratan arah kiblat, pengukuran atau kalibrasi arah kiblat masjid dan musholla  di Wilayah Kotagede. Menggandeng tim BHR (Badan Hisab Rukyat) Kota Yogyakarta melayani pengukuran arah kiblat sebanyak 6 masjid yang belum terukur. Memasuki tahun 2022 masih ada 4 Masjid  yang belum diukur arah kiblatnya dan tersebar di 3 Kelurahan yang ada di wilayah Kotagede.

H. Danang salah seorang tim BHR Kemenag Kota  Yogyakarta menuturkan yang dimaksud kalibrasi arah kiblat adalah upaya mencocokan atau menyesuaikan arah / jurusan tempat kita berada dengan bangunan Ka’bah di Masjidil Haram. Bagi lokasi yang jauh dari tanah Suci Mekah atau bahkan di luar Arab Saudi seperti kita di Indonesia, kita bisa menggunakan ijtihad arah kiblat. Ijtihad arah kiblat dapat ditentukan melalui perhitungan falak atau astronomi serta dibantu peralatan modern.

“Pelayanan bantuan kalibrasi arah kiblat ini diharapkan bisa membantu umat yang menginginkan keakuratan dalam penentuan  arah kiblat di Masjid dan Mushola dan hasilnya nanti segera untuk dimasukkan ke data simas” pungkas Danang.

Endro Dwi Widodo berharap apa yang dilakukan oleh Penyuluh agama dalam bentuk transformasi pelayanan umat dalam bidang kemasjidan dan ukur arah kiblat terutama tempat ibadah di wilayah Kotagede segera tuntas dan dapat menjadi data serta dapat didokumenkan di KUA Kotagede. (End)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *