Berita

Sampaikan Aspirasi Siswa, MPS MAN 1 Yogya Adakan Sarasehan

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) – Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) merupakan organisasi siswa serupa lembaga legislatif. Salah satu tugas dari MPS adalah menjaring dan menyampaikan aspirasi dari siswa kepada Madrasah. MPS MAN 1 Yogyakarta melaksanakan “Sarasehan Aspirasi Siswa” atau biasa disebut sarasehan, Selasa (12/10/2021), di aula lantai 2.

Sarasehan adalah forum di mana dewan guru dan siswa dipertemukan secara langsung untuk menindaklanjuti aspirasi yang masuk. Sarasehan dilaksanakan secara hibrid; daring dan luring. Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah beserta staff dan Kepala Unit sebagai perwakilan Madrasah melaksanakan Sarasehan secara luring di Aula lantai 2 MAN 1 Yogyakarta; bersama dengan ketua MPS dan ketua OSIS sebagai perwakilan siswa beserta panitia Sarasehan. Sekitar 35 siswa yang terdiri dari: perwakilan kelas, perwakilan organisasi bidang, dan perwakilan ekstra kurikuler mengikuti secara daring via Zoom Meeting.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, menyampaikan apresiasi terhadap acara tersebut. Ia berharap acara ini menjadi wadah untuk menyatukan visi misi. “Saya mengapresiasi MPS periode ini. Saya berharap, ke depan, akan semakin banyak program-program berkualitas dari MPS, OSIS, Organisasi Bidang, dan Ekstra Kurikuler. Program-program yang akan mengantarkan MAN 1 Yogyakarta sebagai Madrasah berkelas dunia,” ungkapnya.

Disampaikan Titania Jihan, ketua panitia, aspirasi dari seluruh siswa dikumpulkan kemudian dikristalkan untuk kemudian disampaikan kepada Madrasah. Sekian banyak aspirasi dari siswa dipilah berdasarkan bidangnya agar mudah dalam menyampaikan. Sarasehan juga dilaksanakan secara rutin supaya semua aspirasi siswa bisa segera diserap dan disampaikan.

Di masa pandemi, kegiatan ini memang sangat bermanfaat karena melalui kegiatan seperti ini akan terjadi sinergitas antara guru dan siswa. Dengan ini semua siswa juga dapat menyampaikan pendapat dan aspirasi yang dimiliki terkait sarana prasarana, KBM, keluhan terhadap guru, serta keluhan-keluhan yang lain.

Dengan kehadiran serta keikutsertaan pewakilan-perwakilan dari masing-masing kelas, organisasi, dan ekstrakurikuler ini diharapkan mampu menyampaikan aspirasi dari siswa dan siswi MAN 1 Yogyakarta dengan santun dan dengan niat yang baik. (anna/dzl)

Back to top button