Berita

Rakordasi Lembaga Keagamaan KUA Gondomanan Kota Yogyakarta

Yogyakarta (KUA Gondomanan) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kemantren Gondomanan, Kamis (06/01/2022) menyelenggarakan Rapat koordinasi lengkap Lembaga Keagamaan Kemantren Gondomanan bertempat di aula KUA Gondomanan. Rakordasi  dipimpin langsung Kepala KUA Gondomanan R. Andhi Nugroho, SH. I., MH. I. dihadiri  Penyuluh Agama Islam KUA Gondomanan, ketua dan perwakilan pengurus lembaga keagamaan Dewan Masjid Indonesia (DMI), BP4, IPHI, MUI, UPZ, Persatuan Kaum Roia (PKR), BADKO serta Forum Komunikasi Remja Masjid Gondomanan (FKRMG).

Dalam arahannya Andhi Nugroho menyampaikan bagaimana cara menghidupkan kembali lembaga-lembaga keagamaan yang ada, sekaligus agar dapat menjalankan program-programnya yang ditunggu oleh ummat, serta agar lebih bermanfaat untuk ummat. Salah satu program yang  ditawarkan adalah program “Sakinah Bersama Masjid”, yaitu  pembinaan calon pengantin (catin) oleh takmir masjid.

Andhi Nugroho juga menyampaikan 10 (sepuluh) fungsi KUA menurut PMA Nomor 34 Tahun 2016. “Oleh karenanya rakordasi ini, dalam rangka penguatan sinergi dan koordinasi antar lembaga keagamaan di lingkungan KUA Gondomanan juga terkait dengan tugas dan fungsi serta program-programnya agar dapat berjalan dengan baik dan lebih terarah,” ujarnya.

Ismiyati, S. Ag Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Gondomanan, menyampaikan bahwa Revitalisasi KUA merupakan upaya Kemenag untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat.Terdapat 5 (lima) transformasi layanan KUA yang diantaranya; KUA menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik, pusat layanan keagamaan bagi masyarakat, pusat pemberdayaan ekonomi ummat, pusat data keagamaan yang dilengkapi dengan sistem deteksi dan respon dini terhadap konflik keagamaan, serta KUA menjadi rumah moderasi beragama berbasis komunitas.

Di akhir acara Eko Agus Wibowo, S. Sos. I , menyampaikan perihal kegiatan kepenyuluhan yang telah dilaksanakan diantaranya pendataan masjid dan arah kibalat masjid dan mushola. Dilanjutkan penyampaian pokok-pokok pikiran dan gagasan dari perwakilan pengurus Lembaga keagamaan. (Naj)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *