Berita

Pembinaan Iman ASN dan Guru Agama Katolik Kota Yogyakarta

Yogyakarta (Penyelenggara Katolok) –  Penyelenggara Katolik Kemenag Kota Yogyakarta, Jumat (1/10) mengadakan pembinaan iman. Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan tepatnya di hari jumat pertama setiap bulannya. Dalam tradisi Gereja Katolik terdapat anjuran untuk bisa mengikuti kegiatan Misa Jumat pertama secara rutin atau terus menerus, sebagai tanda bakti kepada Hati Kudus Tuhan Yesus, agar orang semakin dekat dengan Tuhan dan iman semakin dikuatkan. Berdasarkan tradisi ini penyelenggara Katolik memilih mengadakan kegiatan Misa Jumat pertama ini sebagai sarana pembinaan iman bagi para peserta yaitu ASN, Guru Agama Katolik kota Yogyakarta. Kegiatan hari ini diikuti oleh ASN, Guru Agama di kota Yogyakarta sejumlah 118 partisipan.

Misa hari ini dipimpin oleh Romo Antonius Dodit Haryono, selaku Romo Ketua Komisi Kateketik Kevikepan Jogja Timur. Dalam homil/renungannya Romo mengajak peserta untuk tetap sehat dan suka cita dalam mengikuti ekaristi meskipun baru bisa mengikuti secara on line. Kedua Romo menyampaikan pentingnya mengikuti jumat pertama yang dalam tradisi Gereja Katolik kita baktikan kepada Hati Kudus Yesus, Yesus yang sudah berkurban bagi manusia. Ketiga dalam ekaristi /misa ini kita memperingati Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus atau Santa Theresia liseux, sekaligus bisa menimba keteladanan dari cara hidup beliau yaitu St Theresia membaktikan hidupnya lewat doa dan bertapa. St Theresia setelah menjadi biaarawati ia hidup secara sederhana, ia melakukan hal hal biasa tetapi itu semua ia lakukan secara luar biasa.

Selanjutnya Alexander Budisuwarno Penyelenggara Katolik selaku penyelengara kegiatan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Romo Dodit, dan bapak ibu ASN Guru agama yang telah mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya atas masukan banyak pihak untuk misa jumat pertama bulan November sedang dipersiapakan kemungkinan untuk mengadakan misa secara offline, dengan menerapkan protokol lesehatan secara ketat. (Abs)

Back to top button