Berita

Pembimbing Haji Bersertifikat Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Ikuti Penguatan Kompetensi Pembimbing Manasik Haji

Yogyakarta (Kankemenag) – Pembimbing haji bersertifikat Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Selasa (5/10) mengikuti penguatan kompetensi pembimbing manasik haji, yang di helat Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, berlangsung di Hotel Sahid Raya Jl. Babarsari No. 2 Yogyakarta.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Kemenag DI. Yogyakarta Dr. H. Masmin Afif, M.Ag mengemukakan, “Seiring dengan kebijakan pemerintah telah mencanangkan manasik sepanjang tahun bagi jemaah haji, terlebih kesempatan untuk menunaikan haji yang terbatas, masa tunggu yang panjang, dibutuhkan pembimbing yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas benar-benar menguasai ilmu manasik, sehingga mampu memberikan pendampingan, pengawalan, dan mengarahkan jemaah haji terlebih jemaah kita banyak yang lansia, dengan demikian jemaah kita bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” harap Masmin Afif.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA menyambut baik acara ini, bersama pembimbing haji bersertifikat Kota Yogyakarta; H. Arif Harjanto, SH Kasi PHU, Drs. H. Maskur Ashari, MA Kasi Bimas Islam, H. Ponijo, S.Ag. M.Pd.I Pranata Humas, H. Handdri Kusuma, S.Ag., MSI Kepala KUA, H. Abdul Halim, S.Ag., dan H. Solehudin, S.Ag Penyuluh Agama, berkenan mengikuti kegiatan ini.

“Pembimbing ibadah haji harus miliki kompetensi dan akuntabel, agar calon jemaah haji dapat menguasai ilmu manasik dengan baik sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sempurna, mulai dengan penguasaan syarat wajib haji, rukun dan wajib haji serta sunah-sunnah yang akan dilaksanakan oleh jemaah haji dalam upaya meraih haji yang mabrur,’’ ujar Nur Abadi. (Jojo)

Back to top button