Berita

MTs Negeri 1 Yogyakarta Ikuti Lomba Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) Tahun 2021

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta)- Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional. Bahkan pada zaman sekarang, Bahasa Arab sudah mulai digunakan  sebagai bahasa internasional selain Bahasa Inggris di berbagai negara di Benua Eropa, Amerika, Afrika, Asia bahkan sudah menjadi program studi tersendiri di beberapa universitas Australia semisal The University of Sydney, Western Sydney University, Deakin University serta universitas lainnya.

Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) tahun 2021 diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Event tahunan yang sudah berlangsung selama 4 tahun berturut-turut ini merupakan salah satu agenda yang dapat menjadi media syiar dalam memasyarakatkan salah satu bahasa internasional ini ke semua lapisan masyarakat, khususnya di lingkungan civitas akademik madrasah (pelajar).

Kompetisi ini dibagi menjadi 3 tingkat. Dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/ kota, lalu provinsi, dan dilanjutkan tingkat nasional. Setiap penyelenggaraannnya, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai madrasah seluruh tanah air. Walaupun perlombaan ini sudah berlangsung selama 3 tahun. Akan tetapi, MTsN 1 Yogyakarta baru pertama kalinya berpartisipasi dalam event KOMBANAS di tahun ke 4 ini. Untuk tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada hari Sabtu (04 September 2021). Salah satu guru Bahasa Arab di MTsN 1 Yogyakarta sekaligus pembina peserta KOMBANAS, Hilman Fitry menyatakan “Pada tahun ini kami mengirimkan dua siswi dari Madrasah yaitu Sellyana Putri Violawati siswi kelas 8, dan Fakhda Kuni ‘Alima Syakira siswi kelas 9 yang akan menjadi perwakilan madrasah dalam ajang KOMBANAS ke 4 ini.”

“Setelah melakukan seleksi tingkat madrasah melalui nilai-nilai yang mereka peroleh dalam mata pelajaran Bahasa Arab selama dua semester ke belakang, dua orang siswi terpilih menjadi peserta KOMBANAS tahun ini. Kedua siswi ini merupakan peserta didik yang selama ini memang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan pembinaan kegiatan ekstra Bahasa Arab.”

Waka Humas Keagamaan, M. Nukman Hamid yang juga Guru Bahasa Arab kelas 9 ketika melihat pelaksanaan KOMBANAS tingkat kabupaten/ kota (Sabtu, 04 September 2021) di madrasah mengatakan, “Kita doakan semoga mereka berdua dapat lolos ke tingkat nasional, bahkan menjadi juara pada kegiatan KOMBANAS tahun ini.”

Terkait persiapan lomba, Takmirul Masajid salah seorang guru senior Bahasa Arab ini mengungkapkan bahwa “Persiapan dua anak didiknya untuk mengikuti lomba dirasa kurang maksimal.” Mereka selama ini mendapatkan pembinaan hanya 4 kali pertemuan, hal ini berhubungan dengan masa PKKM level 4 yang diterapkan di daerah Yogyakarta, sehingga untuk melaksanakan pembinaan tatap muka sangat dibatasi. Namun untuk menyiasati kurangnya pembinaan secara tatap muka Takmirul Masajid dan Hilman Fitry melakukan pembinaan secara jarak jauh melalui whatsapp.

Kepala MTsN 1 Yogyakarta, Muhammad Iriyadi sangat mengapresiasi  keikutsertaan dua peserta didiknya dalam kompetisi tingkat nasional ini. Lebih lanjut, Iriyadi menjelaskan, selain mengikuti kompetisi Bahasa Arab, kegiatan lomba dalam bidang lainnya, juga sering diikuti siswa-siswi MTsN 1 Yogyakarta, baik tingkat daerah bahkah level internasional, dan sering mendapatkan juara. Diketahui bahwa salah satu peserta KOMBANAS tahun ini, Sellyana tercatat sebagai peserta olimpiade MIPA juga. (Tim Publikasi Matsayo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button