Berita

MAN 2 Yogyakarta Terima 17 Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam bangku perkuliahan. Tujuan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan untuk membentuk mahasiswa praktikan agar menjadi calon tenaga kependidikan yang professional, sesuai dengan prinsip- prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi, yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial.

Dengan tujuan yang sama, UIN Suka Yogyakarta menerjunkan 17 mahasiswa untuk memenuhi beban mata kuliah PLP dan melakukan praktek di MAN 2 Yogyakarta. Penyerahan dilakukan pada Selasa (07/09/2021) oleh Dosen Pembimbing Tulus Musthofa, M.A yang berpesan, “mengharap bimbingannya dari bapak ibu guru kepada 17 mahasiswa, kalau perlu jika ada kesalahan dan perlu dijewer, disilakan untuk dijewer agar kelak menjadi guru profesional dengan kompetensi sangat baik.”

Kepala MAN 2 Yogyakarta Drs. H. Mardi Santosa menerima dengan tangan terbuka tentang kegiatan PLP. Sudah dipilih guru-guru pembimbing untuk mendampingi para mahasiswa dengan pengalaman-pengalamannya. Mahasiswa dapat menimba pengalaman, wawasan dan berbagai pengetahuan seputar pofesi guru. Acara dipandu Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd.

Melalui zoom meeting dipertemukan antara mahasiswa, guru pembimbing, dosen pembimbing, kepala madrasah. Satu persatu para mahasiswa mengenalkan diri, dari Prodi PAI, PBA, PFis, Pmat, PMat, PKim, disusul guru pembimbing dan dosen pembimbing.
“Berharap agar mahasiswa diberikan arahan, diberi petunjuk agar dapat menyelesaikan PLP dengan hasil yang memuaskan, menjadikan pengalaman yang diperoleh sebagai bekal kelak saat menjadi guru,” sambung perwakilan mahasiswa mengutarakan harapannya.

Dengan melaksanakan PLP sebaik mungkin maka proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan berhasil dan sukses dilakukan. (pus)

Back to top button