Berita

MAN 2 Yogyakarta Bangun Sinergitas Bersama Orang Tua Siswa

MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Program SKS atau Sistem Kredit Semester merupakan program pendidikan yang siswanya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Program yang selama ini berlaku di bangku perkualiahan mulai diadopsi dan diterapkan di beberapa madrasah di Indonesia. Mulai Tahun ajaran 2020/2021 MAN 2 Yogyakarta mendapat amanah menjadi salah satu madrasah penyelenggara program SKS. Di tahun pelajaran 2021/2022, memasuki tahun ke dua, pelayanan SKS.

Pelayanan program SKS ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan memaksimalkan hasil belajar di MAN 2 Yogyakarta. Diharapkan dengan penyelenggaraan pelayanan SKS, dapat mengakomodir heterogenitas kemampuan belajar siswa.

Pada Sabtu (15/08/2021) digelar pertemuan orang tua/wali siswa, sosialisasi SKS untuk siswa kelas X, sharing dan penguatan SKS bagi Kelas XI. Materi SKS disampaikan oleh Wakaur Kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd.I. Pertemuan dihadiri oleh Ketua Komite, Drs. H. Bun Yamin, M.Pd.I. Diawali dengan sambutan Kepala MAN 2 Yogyakarta, yang mengawali dengan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada orang tua siswa, dilanjutkan sosialisasi SE Kemenag RI No.23 Tahun 2021.

Sosialisasi dan Penguatan SKS bertujuan untuk memberi pemahaman kepada orang tua siswa, sehingga orang tua ikut kontrol putra-putrinya agar menyelesaikan sesuai tenggat waktu dari setiap UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Diharapkan dengan pertemuan yang digelar dihasilkann sinergitas antara orang tua siswa, siswa sebagai pelaku pembelajar, pihak madrasah sebagai penyelenggara pendidikan, sehingga diraih prestasi maksimal dari setiap siswa.

Dalam pertemuan ini juga disampaikan sosialisasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, penerapan Tata Tertib MAN 2 Yogyakarta. Ekstrakurikuler terdiri dari 42 varian untuk memfasilitasi multi kecerdasan yang dimiliki masing-masing siswa, yang disampaikan Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd.

Pertemuan orang tua siswa ini diikuti 500 lebih yang didampingi para wali kelas dan guru pengampu mata pelajaran melalui Zoom Meeting. Untuk kelas XII, kepada orang tua disampaikan seluk beluk studi lanjut ke Perguruan Tinggi Oleh Koordinator Bimbingan Konseling, Umi Solikhatun, S.Pd.

Pertemuan dilakukan dengan dibagi tiga kali shif, bergantian pertemuan orang tua kelas X, XI, XII. Dengan pertemuan yang menghadirkan seluruh orang tua siswa, sosialisasi dan Penguatan SKS, motivasi berprestasi dan disiplin tata tertib, juga sukses studi lanjut ke Perguruan Tinggi, segera tersampaikan dan dapat dipahami, sehingga terjadi sinergitas keluarga besar MAN 2 Yogyakarta. (pus)

Back to top button