Berita

MAN 1 Yogyakarta Tuan Rumah Pelaksanaan KSM Jenjang MA Tingkat Provinsi

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Sebanyak 90 pelajar jenjang Madrasah Aliyah (MA) se-DIY mengikuti Kompetisi Sains Madrasah(KSM) tingkat provinsi, Ahad(19/09/2021), untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, dipusatkan di Laboratorium Komputer MAN 1 Yogyakarta.

Acara pembukaan digelar secara luring dan daring via zoom meeting. Dengan protokol kesehatan yang ketat, pelaksanaan KSM dibagi menjadi dua sesi. Yaitu Sesi pertama, 45 pelajar dalam bidang Matematika, Biologi, dan Fisika pukul 07.30 hingga pukul 09.30 WIB. Sesi kedua, 45 pelajar dalam bidang Kimia, Ekonomi, dan Geografi pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Dr.H.Masmin Afif, M.Ag dalam pembukaan menyampaikan, KSM merupakan kegiatan penting untuk menyiapkan generasi dengan sumber daya manusia(SDM) yang handal dalam mengatasi kompetisi global. “Revolusi industri 4.0, menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Terangnya, saat ini masyarakt menaruh harapan kepada madrasah, yang akan melahirkan generasai yang mempunyai kesimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi, serta ilmu agama. Menurutnya, hal ini menjadi tantangan bagi madrasah untuk mampu menjawab harapan besar masyarakat tersebut.

Tampak, Kakanwil dengan didampingi Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY, H. Muntolib, S.Ag. dan Kamad MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, serta sejumlah Kepala MA DIY dan pelaksana melakukan monitoring secara langsung pelaksanaan KSM di MAN 1 Yogyakarta.

Sesuai jadwal pada https://ksm.kemenag.go.id, Pemenang KSM Kabupaten/Kota diumumkan pada 28 Agustus 2021 kemarin, melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan. Kemudian tiga pemenag (tiga siswa terbaik) pada KSM ini, berkompetisi lagi pada KSM Provinsi, pada 18 – 20 September 2021. Satu orang siswa terbaik per bidang studi pada KSM Provinsi akan melaju ke KSM Nasional dilaksanakan pada 23 Oktober 2021 mendatang. (dzl)

Back to top button